Sebagian Masyarakat Inggris Menginginkan Interaksi Pound Digital dan Crypto

author:

Sebagian Masyarakat Inggris Menginginkan Interaksi Pound Digital dan Crypto

Kelompok lobi dan perusahaan crypto di Inggris umumnya menyambut rencana pemerintah untuk pound digital, tetapi beberapa di antaranya percaya bahwa mata uang tersebut harus dapat berinteraksi dengan crypto agar cocok untuk masa depan.

Pemerintah Inggris membuka rencana mereka untuk pound digital untuk komentar publik pada Februari 2023 lalu, tepat ketika tetangganya, Uni Eropa (UE), mendorong rencana untuk euro digital.

Peluang dan Kekhawatiran Pound Digital

inggris siap luncurkan cbdc
Payment Expert

Pound digital dapat membawa sejumlah peluang, mulai dari potensi peningkatan dan peningkatan sistem pembayaran yang ada, memberikan alternatif untuk bentuk pembayaran lain, dan mungkin memicu inovasi lebih lanjut di sektor tersebut. Namun, ada juga kekhawatiran tentang bagaimana privasi pengguna akan dipertahankan, dan apakah pound digital akan dirancang dengan cara yang ramah inovasi.

Bank of England (BoE) telah mengusulkan batas 10.000 hingga 20.000 pound digital per individu untuk setidaknya periode pengenalan CBDC. Tetapi, beberapa pihak menyarankan agar pemerintah mempertimbangkan batas yang lebih rendah.

Baca juga: Selesaikan Penelitian, Bank Sentral Inggris Siap Luncurkan CBDC?

Lebih lanjut, kekhawatiran bahwa batas yang lebih besar untuk kepemilikan CBDC akan mengarah pada penarikan deposito bank pada saat-saat kritis telah menjadi titik perdebatan di antara regulator. Sebagai perbandingan, UE memilih batas yang lebih keras untuk kepemilikan euro digital.

Pound Digital dan Inovasi Teknologi

Sistem pound digital mungkin juga memungkinkan pembayaran offline, meski ini bisa menghasilkan “kompleksitas yang mempengaruhi keamanan dan kinerja sistem,” kata kertas kerja BoE. Meski begitu, beberapa kelompok lobi berpendapat bahwa pertimbangan pembayaran offline juga harus menjadi prioritas tertinggi.

Selanjutnya, pound digital akan lebih inovatif dan “tahan masa depan,” jika bekerja dengan kripto, menurut beberapa pemangku kepentingan. Mereka berpendapat bahwa pound digital harus dapat berinteraksi dengan aset digital masa depan dan harus mudah digunakan.

Kelompok lobi juga mengatakan bahwa mereka ingin pound digital digunakan secara global.

“Pound digital suatu hari nanti bisa membuka transaksi lintas batas secara real-time dan berbiaya rendah langsung dari dompet digital pengguna mereka, menghilangkan kebutuhan untuk perantara dan mengurangi biaya transaksi,” kata salah satu penasihat kebijakan.

Pound Digital dan Privasi Pengguna

Dalam respons mereka terhadap rencana pound digital, pemangku kepentingan mendesak pemerintah untuk mengambil pendekatan yang hati-hati, terutama ketika menyangkut privasi. Bagaimana privasi dapat dipastikan dengan pound digital telah menjadi sesuatu yang diperdebatkan oleh pembuat undang-undang.

Beberapa pemangku kepentingan setuju dengan proposal pemerintah bahwa BoE tidak harus memiliki akses ke data pribadi pengguna. Namun, tidak semua orang setuju bahwa pendekatan yang diusulkan pemerintah untuk menjaga privasi, dengan menganonimkan pesan pembayaran yang menginstruksikan transfer pada ledger inti, akan cukup.

Keputusan tentang penerbitan pound digital tidak diharapkan sampai setidaknya 2025, tetapi jika pemerintah memutuskan untuk melanjutkan dengan rencana ini,

“Memastikan publik dan konsumen memiliki pemahaman dan kepercayaan yang cukup pada pound digital masa depan akan menjadi kunci keberhasilannya,” kata Lisa Cameron, ketua Grup Parlemen Semua Partai untuk crypto dan aset digital.

Pada akhirnya, rencana untuk pound digital membuka peluang baru untuk inovasi dalam sistem pembayaran dan potensi interaksi dengan crypto. Namun, tantangan dalam menjaga privasi pengguna dan memastikan bahwa pound digital dirancang dengan cara yang ramah inovasi tetap menjadi perhatian utama.

Baca juga: HRF Luncurkan Pelacak CBDC, Ungkap Kemajuan dan Risiko Hak Asasi Manusia

Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, pemerintah Inggris berada dalam posisi yang baik untuk merancang dan menerapkan pound digital yang efektif dan berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: