Canggih, Mastercard Tambahkan 7 Startup Blockchain ke Akselerator Cryptonya!

Canggih, Mastercard Tambahkan 7 Startup Blockchain ke Akselerator Cryptonya!

Salah satu perusahaan finance terbesar di dunia, Mastercard, terus mendukung startup cryptocurrency dan blockchain sebagai bagian dari akselerator fintech-nya, yang dijuluki dengan program Mastercard Start Path. Lalu, seperti apa bentuk dukungan Mastercard bagi startup-startup blockchain tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Mastercard Pilih 7 Startup Untuk Program Mastercard Start Path

Mastercard Pilih 7 Startup Untuk Program Mastercard Start Path
kaiostech.com

Pada Kamis, 3 November 2022 lalu, Mastercard resmi mengumumkan bahwa mereka telah memilih tujuh startup untuk program Mastercard Start Path, yang mana untuk mempromosikan adopsi teknologi crypto dan blockchain.

Beberapa kelompok startup yang dipilih oleh Mastercard tersebut yakni termasuk Fasset, Singapura Digital Treasures Center, dan perusahaan Stable yang berfokus pada stablecoin Kolombia. Mastercard sebelumnya berkolaborasi dengan Fasset pada bulan Juli 2022 untuk bersama-sama mengerjakan solusi digital untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Program Mastercard Start Path terbaru ini juga mencakup penyedia sistem pembayaran sosial yang berfokus pada Web3, Loot Bolt dan Quadrata; proyek fintech media berbasis blockchain, Take Back the Mic, dan platform yang berorientasi pada brand Uptop. Mereka akan bergabung dengan lebih dari 350 perusahaan dari 40 negara yang telah berpartisipasi dalam program Mastercard Start Path sejak tahun 2014.

Baca Juga: Visa Daftarkan 2 Merek Dagang Untuk Dompet Crypto, NFT, dan Metaverse

Tujuan Program Mastercard Start Path

Dilansir dari CoinTelegraph, perusahaan-perusahaan yang terpilih akan terlibat dalam menjembatani kesenjangan antara Web2 dan Web3 sebagai salah satu tujuan utama mereka. “Kami menyambut kelompok startup baru untuk mempermudah akses ke aset digital, membangun komunitas bagi para kreator dan memberdayakan masyarakat untuk berinovasi demi masa depan melalui teknologi Web3,” ucap Mastercard, dikutip dari CoinTelegraph, Kamis (3/11/2022).

Diluncurkan pada tahun 2014, Mastercard Start Path merupakan program akselerator selama enam bulan yang dirancang untuk membantu para startup dalam mengembangkan dan mengkomersialisasikan produk dan layanan mereka.

Mastercard telah mendukung lebih dari 350 startup sejauh ini, beberapa diantaranya sudah mencapai status ‘unicorn’, termasuk perusahaan-perusahaan seperti penyedia layanan perbankan Thought Machine, startup fintech India Zeta dan Razorpay.

Baca Juga: Keren, L’Oréal dan Meta Akan Luncurkan Program Akselerator Startup Metaverse!

Start Path Crypto Menambahkan 25 Startup Crypto

Start Path Crypto Menambahkan 25 Startup Crypto
kryptomoney.com

Lalu, pada tahun 2021 lalu, Mastercard meluncurkan divisi crypto khusus dari Mastercard Start Path, yang dijuluki Start Path Crypto. Akselerator crypto tersebut didirikan untuk mendukung startup seed, Seri A dan Seri B yang terlibat dalam pengembangan crypto dan blockchain.

Program Start Path Crypto tersebut telah menambahkan total 25 startup terkait crypto, yakni termasuk dompet digital Uphold, perusahaan penyimpanan crypto GK8 dan Emin Gün Sirer, CEO dan founder dari developer blockchain Ava Labs.

Berita terbaru ini muncul di tengah-tengah Mastercard yang terus memperkuat keahlian blockchain dan crypto-nya. Pada pertengahan Oktober 2022 lalu, Mastercard meluncurkan program Crypto Source dan berkolaborasi dengan Paxos untuk membantu membawa banyak institusi untuk terlibat ke dalam ekosistem crypto secara aman.

Referensi: