Makin Canggih, Mastercard Ijinkan Pembayaran Crypto di Web3 Pakai USDC!

Makin Canggih, Mastercard Ijinkan Pembayaran Crypto di Web3 Pakai USDC!

Dilansir dari Cointelegraph, baru-baru ini kolaborasi yang dijalankan antara protokol pembayaran Web3, Immersve, dan perusahaan pembayaran Mastercard akan memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran crypto di dunia digital, fisik, dan Metaverse.

Koin USD atau USDC token, yang merupakan stablecoin yang didukung dolar AS yang diterbitkan oleh Circle, akan digunakan untuk menyelesaikan transaksi di jaringan Mastercard.

Lalu, bagaimana mekanismenya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mastercard x Immersve, Pembayaran Crypto di Metaverse

Kolaborasi Mastercard-Immersve telah menggunakan protokol terdesentralisasi untuk menyelesaikan transaksi cryptocurrency secara real-time di outlet yang menerima pembayaran Mastercard secara online.

Pengguna akan dapat menggunakan dompet Web3 mereka yang sudah ada untuk melakukan pembayaran crypto secara langsung tanpa bergantung pada pihak ketiga sebagai jaminan.

Sebagai gantinya, Immersve akan berkolaborasi dengan pihak ketiga dan mengizinkan penggunanya untuk menggunakan USDC pada semua pembelian. Setelah transaksi berhasil dari sisi pengguna, USDC akan dikonversi ke fiat sebelum diselesaikan di jaringan Mastercard.

Mastercard x Immersve, Pembayaran Crypto di Metaverse
Kemitraan Immersve-Mastercard untuk pembayaran crypto di Metaverse. Sumber: immersve.com

Pengguna akan dapat mengakses fitur ini melalui dompet Web3 dan menggunakan kunci pribadi mereka untuk menyetujui pembayaran. Dalam hal ini, Jerome Faury, CEO di Immersve, berbagi optimisme terhadap kasus penggunaan crypto, dengan menyatakan:

“Berkolaborasi dengan merek terkenal dan tepercaya seperti Mastercard merupakan langkah besar menuju adopsi mainstream dompet Web3,” ujar Faury, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (22/2/2023).

Selain itu, dompet Web3 dan protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) dapat diintegrasikan ke dalam API Immersve dan smart contract untuk bertransaksi di mana pun Mastercard diterima.

Baca Juga: Canggih, Mastercard Tambahkan 7 Startup Blockchain ke Akselerator Cryptonya!

Mastercard Luncurkan Kartu Prabayar di Amerika Latin

Mastercard Luncurkan Kartu Prabayar di Amerika Latin
Sumber: The Guardian

Selama beberapa tahun terakhir, Mastercard telah membina berbagai kemitraan untuk tetap relevan dalam ekosistem crypto. Salah satu inisiatif yang baru saja terlaksana adalah kemitraan Mastercard dengan exchange crypto Binance untuk meluncurkan kartu prabayar di Amerika Latin.

Kartu ini memungkinkan konversi crypto-fiat secara real-time untuk 14 token di Brasil. Ketika peluncuran, ada beberapa fasilitas yang ditawarkan untuk para pengguna yakni, cash back hingga 8% dalam bentuk crypto untuk pembelian yang memenuhi syarat dan bebas biaya untuk beberapa penarikan ATM.

Tidak hanya itu, pada Januari 2023 lalu, Mastercard berkolaborasi dengan Polygon untuk luncurkan program akselerator artis musik ke dunia Web3. Akselerator tersebut bernama ‘Mastercard Artist Accelerator’. Program Mastercard Akselerator Artis ini dirancang untuk membantu seniman, khususnya pemusik mempelajari cara mengembangkan brand mereka melalui pembuatan NFT, membangun branding-nya secara online, dan membentuk komunitas.

Referensi: