Mastercard Gandeng Ripple dan ConsenSys: Misi Baru untuk Revolusi CBDC!

author:

Mastercard Gandeng Ripple dan ConsenSys: Misi Baru untuk Revolusi CBDC!

Mastercard, salah satu pemimpin industri pembayaran global, mengumumkan kerja sama strategis dengan beberapa pemain besar di industri blockchain dan teknologi pembayaran. Tujuan dari proyek ini adalah untuk memahami lebih dalam tentang mata uang digital bank sentral (CBDC) dan bagaimana mengimplementasikannya dengan aman dan efisien.

Kerja sama Mastercard dengan Pemain Besar Blockchain

mastercard cbdc

Mastercard telah meluncurkan Program Mitra CBDC-nya yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang manfaat dan keterbatasan CBDC. Dalam program ini, Mastercard telah menggandeng beberapa mitra strategis termasuk Ripple, ConsenSys, Fluency, Idemia, Giesecke+Devrient, dan Fireblocks.

Raj Dhamodharan, kepala aset digital dan blockchain di Mastercard, menekankan pentingnya pilihan pembayaran dan interoperabilitas lintas berbagai metode pembayaran. Dia menyatakan bahwa nilai yang dipegang sebagai CBDC harus mudah digunakan seperti bentuk uang lainnya.

Beberapa upaya kolaboratif yang telah dilakukan oleh mitra ini termasuk kerja sama Fluency dalam membangun interoperabilitas antar CBDC yang berbeda dan peluncuran Ripple dari stablecoin nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah bersama dengan Republik Palau. Baca selanjutnya di Republik Palau dan Ripple Labs Menambang Palau Stablecoin (PSC) Pertama.

Momentum CBDC di Panggung Global

kerja sama mastercard untuk cbdc
Sumber: Asia Blockchain Review

Bank sentral di seluruh dunia telah mengeksplorasi cara untuk menerbitkan mata uang digital mereka sendiri selama bertahun-tahun. Berbeda dengan kripto, CBDC pada dasarnya adalah versi digital dari mata uang fiat yang didukung oleh pemerintah, membuatnya jauh kurang spekulatif.

Menurut Bank for International Settlements, 93% bank sentral sedang terlibat dalam beberapa bentuk pekerjaan pada CBDC, dan empat CBDC ritel sudah beredar sepenuhnya.

Lanskap CBDC kompleks, dengan banyak pertanyaan yang perlu dipertimbangkan oleh bank sentral, termasuk peran sektor swasta dalam penerbitan CBDC, keamanan, privasi, dan interoperabilitas.

Baca juga: Revolusi Keuangan Uzbekistan: Bank-Bank Swasta Kini Boleh Terbitkan Kartu Crypto!

Misi Mastercard dalam Evolusi CBDC

Program Mitra CBDC Mastercard bertujuan untuk membantu bank sentral memahami bagaimana mengembangkan CBDC yang menambahkan sesuatu yang baru dan berharga bagi ekonomi.

Jesse McWaters, yang memimpin advokasi regulasi global di Mastercard, menekankan pentingnya menggabungkan kekuatan, keahlian mendalam, dan kemampuan berbeda dari mitra ini untuk mendorong inovasi di komunitas perbankan sentral.

Dengan meluncurkan Program Mitra CBDC, Mastercard menempatkan dirinya di garis depan lanskap mata uang digital, berkontribusi pada integrasi CBDC yang aman dan mulus ke dalam sistem keuangan global.

Pada akhirnya, kerja sama antara Mastercard dan pemimpin industri blockchain ini menandai langkah penting dalam evolusi mata uang digital. Dengan dukungan dari pemain besar seperti Ripple dan ConsenSys, masa depan CBDC tampaknya cerah dan penuh dengan potensi inovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: