Bisa Beli Tiket Pesawat Pakai Crypto? Maskapai Ini Akan Aktifkan Fitur Mulai Q3 2023!

Bisa Beli Tiket Pesawat Pakai Crypto? Maskapai Ini Akan Aktifkan Fitur Mulai Q3 2023!

Vueling, maskapai penerbangan Spanyol yang terkenal dengan biaya nya yang murah, telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengeksplorasi fungsionalitas teknologi blockchain dan non-fungible token (NFT) untuk menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran untuk layanannya.

Perusahaan ini akan berkolaborasi dengan salah satu exchange crypto di Spanyol, dan berencana untuk membuka opsi pembayaran tersebut pada Q3 2023.

Seperti apa eksplorasi yang dilakukan oleh Vueling dalam rencananya untuk  menerapkan cryptocurrency sebagai alat pembayaran layanan maskapainya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Vueling Akan Menerima Cryptocurrency Sebagai Alat Pembayaran Layanan Maskapai

Vueling dan crypto
Sumber: Bitcoinist

Dilansir dari Bitcoin News, Vueling, merupakan salah satu maskapai penerbangan low-cost Spanyol yang mengambil langkah untuk menerima crypto sebagai alat pembayaran untuk layanannya.

Pada 14 Januari 2023, perusahaan maskapai tersebut resmi mengumumkan bahwa mereka sedang memeriksa penggunaan teknologi blockchain dan NFT yang nantinya akan memungkinkan pelanggan untuk memperoleh tiket pesawat dengan menggunakan alat pembayaran crypto.

Dalam proyek ini, Vueling menggandeng Criptan, exchange crypto nasional yang terdaftar di Bank Spanyol, yang berfungsi sebagai perusahaan pembayaran, memproses dan menyelesaikan pesanan pelanggan menggunakan crypto.

Vueling menyatakan bahwa langkah ini akan mengubahnya menjadi maskapai penerbangan low-cost pertama yang menerima crypto sebagai alat pembayaran di wilayah Eropa.

Mengenai hal ini, Jesus Monzo, manajer aliansi dan distribusi Vueling, menyatakan bahwa, “Perjanjian ini menempatkan kami di garis depan teknologi dan inovasi baru, yang semakin memperkuat komitmen kami kepada para pelanggan dan menawarkan alat bantu serta solusi terbaik dan tercanggih di situs web kami.”

Baca Juga: Resmi, Google Akan Menerima Pembayaran Crypto Mulai 2023!

Pembayaran Crypto Untuk Layanan Vueling Akan Diaktifkan Mulai Q3 2023

Pembayaran Crypto Untuk Layanan Vueling Akan Diaktifkan Mulai Q3 2023
Sumber: Coindoo

Dikutip dari Bitcoin News, Jorge Soriano, CEO Criptan, menyatakan bahwa pengenalan pembayaran crypto dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menunjukkan kepada pelanggan potensi yang ada di balik penerapan solusi tersebut.

Fungsionalitas tersebut diharapkan akan tersedia di situs web maskapai penerbangan pada Q3 2023, dan akan menggunakan teknologi UATP, jaringan pembayaran global untuk maskapai penerbangan. Hingga artikel ini diterbitkan, perusahaan maskapai belum memutuskan cryptocurrency apa yang bisa digunakan.

Tidak hanya Vueling, maskapai penerbangan lain yang telah memperkenalkan crypto dan NFT sebagai bagian dari operasi ritel mereka adalah Flybondi, sebuah maskapai penerbangan Argentina.

Pada September 2022 lalu, Flybondi mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan tiket pesawat sebagai NFT, yang memungkinkan pengguna untuk menjualnya di NFT marketplace. Sebagai bagian dari aliansi itu, perusahaan juga akan menerima pembayaran dalam stablecoin seperti USDC.

Referensi: