KYC Crypto Bakal Makin Ketat? Direktur Bitget Ungkap Masa Depan Regulasi Crypto!

KYC Crypto Bakal Makin Ketat? Direktur Bitget Ungkap Masa Depan Regulasi Crypto!

Dalam era digital saat ini, regulasi crypto terus berkembang dan beradaptasi dengan dinamika pasar. Gracy Chen, Direktur Manajemen di bursa crypto Bitget, memberikan wawasan tentang ekspektasi pengetatan regulasi KYC (Know-Your-Customer) di masa mendatang. Apa saja yang dikatakan Chen terkait hal ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitget dan Tren KYC yang Meningkat

gracy chen bitget
Sumber: Securities.io

Gracy Chen mengindikasikan bahwa tindakan KYC di dunia crypto diperkirakan akan menjadi semakin ketat, dengan kemungkinan pengguna harus menjalani prosedur verifikasi identitas beberapa kali dalam setahun.

Bitget, sebagai bursa derivatif crypto dan platform copy trading, baru-baru ini mengimplementasikan persyaratan KYC wajib bagi semua penggunanya. Langkah ini sejalan dengan tren di industri crypto, dengan bursa lain seperti KuCoin dan Bybit juga memperkenalkan prosedur KYC wajib lebih awal tahun ini.

Chen menekankan pentingnya tindakan KYC dalam membangun kepercayaan dan melindungi pengguna dari penipuan dan pencucian uang.

Baca Juga: Makin Melek Crypto, Bank di Pakistan akan Gunakan Teknologi Blockchain untuk KYC!

KYC dan Teknologi Inovatif

Meskipun tindakan KYC dapat membantu mencegah aktivitas ilegal seperti pencucian uang, Chen berpendapat bahwa KYC saja tidak cukup untuk mencegah semua kejahatan keuangan.

Solusi masa depan harus memanfaatkan teknologi inovatif, termasuk peningkatan alur kerja, analitik, kontrol manusia, Otomasi Proses Robotik, AI, dan pembelajaran mesin untuk meningkatkan dan mempercepat deteksi risiko dan remediasi.

AI, khususnya, menawarkan respons dinamis terhadap tantangan modern, meningkatkan upaya kepatuhan regulasi.

Baca Juga: Neobank Kenalkan Soulbound NFT, Sistem Baru KYC untuk Para Pengguna?

Menjaga Keamanan dan Privasi Data Pengguna

kyc bitget
Sumber: Bitcoinist

Mengingat banyaknya kebocoran informasi pribadi dari perusahaan crypto di masa lalu, seperti kebocoran data dari Ledger pada tahun 2020, Chen mengakui kebutuhan untuk menyeimbangkan keamanan dan privasi.

Chen menekankan bahwa melindungi privasi pengguna adalah prioritas utama dalam proses KYC Bitget. Mereka menggunakan protokol ketat dan alat canggih untuk memastikan data pribadi pengguna tetap aman.

Semua vendor KYC Bitget harus menjalani penilaian keamanan sebelum implementasi untuk memastikan semua vendor memenuhi standar keamanan Bitget dan data pelanggan dilindungi dengan baik.

Seiring dengan pertumbuhan dan evolusi industri crypto, penting bagi bursa dan platform lainnya untuk tetap proaktif dalam menghadapi perubahan regulasi. Dengan memastikan kepatuhan dan melindungi data pengguna, Bitget dan bursa lainnya berupaya membangun kepercayaan dan memastikan masa depan yang cerah untuk industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: