DePIN dan AI: Duo Kekuatan Baru Tahun 2024 di Dunia DeFi Menurut Para Eksekutif

DePIN dan AI: Duo Kekuatan Baru Tahun 2024 di Dunia DeFi Menurut Para Eksekutif

Teknologi DePIN (Decentralized Physical Infrastructure Networks) dan AI (Artificial Intelligence) diprediksi akan menjadi kombinasi kuat di tahun 2024, menurut para eksekutif DeFi.

DePIN, yang mengintegrasikan infrastruktur fisik dunia nyata dengan teknologi blockchain, telah mulai mendapatkan traksi dengan produsen besar di seluruh dunia. Dengan valuasi pasar saat ini hampir $2,2 triliun, DePIN diperkirakan akan mencapai hingga $3,5 triliun dalam empat tahun ke depan.

Sinergi DePIN dan AI

Leonard Dorlöchter, salah satu pendiri Peaq Network, menyatakan bahwa sektor DePIN “akan berkembang pesat pada tahun 2024,” yang erat kaitannya dengan ledakan AI. Kombinasi DePIN dan AI dianggap sebagai “pasangan yang serasi,” dengan prediksi bahwa tahun 2024 akan “mengubah secara fundamental cara kita mengelola dan berinteraksi dengan mesin yang ditenagai AI.”

Baca Juga: Realio ($RIO): Jembatan Antara Aset Nyata dan Dunia Crypto

Hatu Sheikh, Chief Marketing Officer dari MakerDAO, menekankan bahwa DePIN dan AI saling melengkapi dengan cara yang paling efisien. DePIN muncul sebagai solusi inovatif yang mengatasi banyak kekurangan model komputasi terpusat tradisional untuk mencapai skala secara aman. Kekuatan komputasi yang diperkuat dan dioptimalkan oleh DePIN akan melayani algoritma AI yang membutuhkan jumlah daya yang besar.

Proyek DePIN Terkemuka

kolaborasi io.net dan filecoin

Beberapa proyek DePIN yang terkemuka termasuk Filecoin, Arweave, IoTeX, Helium, dan Render Network. Filecoin, misalnya, adalah jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang dirancang untuk menyimpan informasi penting pengguna secara aman. Arweave menawarkan model penyimpanan data baru yang disebut “blockweave,” memungkinkan penyimpanan data permanen bahkan ketika komputer yang menyimpannya offline.

IoTeX bertujuan untuk membangun ekosistem tanpa batas yang memfasilitasi interaksi mulus antara manusia dan mesin, dengan menjamin kepercayaan, kebebasan, dan privasi. Helium, jaringan nirkabel Peer-to-Peer yang terdesentralisasi, bertujuan untuk menyediakan solusi yang aman dan hemat biaya untuk perangkat IoT yang berinteraksi dengan Internet. Render Network memfasilitasi berbagi GPU idle di antara pengguna untuk tujuan rendering, khususnya untuk produk seperti efek 3D dalam film dan grafik.

Kesimpulan

Kombinasi DePIN dan AI menjanjikan revolusi dalam berbagai industri dan area layanan, termasuk kesehatan, manufaktur, keuangan, dan hiburan. Dengan meningkatnya adopsi crypto dan integrasi kedua teknologi ini, kita dapat mengharapkan inovasi dan kemajuan yang signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan infrastruktur fisik dan dunia digital.

Baca Juga: IDO (Initial DEX Offering): Revolusi Pendanaan di Dunia Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: