Masa Depan AI: Dari Pengembangan AGI hingga AI Galaxy di 100 Juta Perangkat

Masa Depan AI: Dari Pengembangan AGI hingga AI Galaxy di 100 Juta Perangkat

Dunia teknologi AI sedang berada di ambang revolusi dengan pengembangan Artificial General Intelligence (AGI) dan integrasi fitur AI canggih di perangkat seluler. Zhu Songchun, tokoh kunci dalam penelitian AGI, menekankan pentingnya ‘hati’ yang mirip manusia dalam AI dan peran krusial bakat dalam kompetisi teknologi global. Sementara itu, Samsung bersiap meluncurkan AI Galaxy di jajaran Galaxy S24, yang akan mencapai sekitar 100 juta perangkat.

Pengembangan AGI: Menciptakan ‘Hati’ dalam AI

Zhu Songchun, anggota CPPCC dan direktur Beijing Institute for General Artificial Intelligence, menggarisbawahi bahwa kunci penguasaan AGI tidak hanya terletak pada algoritma dan kekuatan komputasi, tetapi juga dalam menumbuhkan ‘hati’ bagi mesin. AGI, yang dirancang untuk memahami, belajar, dan menerapkan pengetahuan dalam berbagai tugas, dianggap sebagai lompatan besar berikutnya dalam evolusi sistem cerdas.

Baca Juga: Bitcoin Kalahkan Emas dalam Portofolio Investor: Analisis JPMorgan Mengejutkan Pasar!

Pengenalan “Tongtong,” AGI pertama di dunia yang dipersonifikasikan sebagai gadis kecil, menandakan kemajuan signifikan dalam bidang ini. Zhu membayangkan AGI seperti Tongtong akan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita, menangani tantangan seperti perawatan lansia dengan menyediakan layanan yang tidak hanya fungsional tetapi juga menawarkan teman yang penuh kasih sayang.

AI Galaxy Samsung: Membawa AI ke 100 Juta Perangkat

samsung galaxy s24 ernie bot
Sumber: TS2 Space

Samsung akan memperkenalkan fitur AI di jajaran Galaxy S24 yang akan datang, yang dikenal sebagai Galaxy AI. T.M. Roh, kepala divisi seluler Samsung, mengumumkan bahwa Galaxy AI akan diperkenalkan ke sekitar 100 juta smartphone Galaxy untuk ekspansi global AI seluler. Update ini juga akan diluncurkan ke jajaran Galaxy S23 saat ini, Galaxy Flip dan Fold5, serta seri Galaxy Tab S9.

Fitur AI Galaxy mencakup terjemahan langsung, penerjemah percakapan dunia nyata, pencarian dengan menggambar lingkaran di sekitar objek dalam gambar, asisten penulisan, dan editor foto generatif. Meskipun tidak semua fitur akan berfungsi di setiap perangkat, inisiatif ini menandai langkah besar Samsung dalam mengintegrasikan AI ke dalam pengalaman pengguna seluler.

Kesimpulan: Masa Depan AI yang Berpusat pada Manusia dan Tersebar Luas

Pengembangan AGI yang berfokus pada penciptaan ‘hati’ dalam AI dan integrasi fitur AI canggih di perangkat seluler menunjukkan arah masa depan teknologi AI yang lebih berpusat pada manusia dan tersebar luas.

Dengan tokoh-tokoh seperti Zhu Songchun yang memimpin percakapan dan inovasi dari perusahaan seperti Samsung, dunia mungkin berada di ambang revolusi AI yang tidak hanya tentang ‘otak’ tetapi juga tentang ‘hati’ teknologi yang kita ciptakan.

Baca Juga: Avail, Proyek Data Ethereum, Raih Pendanaan $27 Juta

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: