Market Melonjak Setelah Pemilu, Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/2/24)?

author:

Market Melonjak Setelah Pemilu, Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/2/24)?

Setelah masa pemilu di Indonesia, dunia crypto hari ini dikejutkan dengan berbagai perkembangan menarik, mulai dari dorongan bank-bank besar AS kepada SEC untuk memperbarui aturan yang memungkinkan mereka menjadi wali amanat untuk ETF Bitcoin spot, dominasi ETF Bitcoin dalam investasi baru, hingga kontroversi yang melibatkan YouTuber terkenal KSI terkait dugaan skema pump-and-dump.

Bahas lebih lanjut, yuk!

Bank-Bank Besar AS Incar ETF Bitcoin

Dilansir dari Cointelegraph (15/2/24), sejumlah bank dan institusi keuangan besar di Amerika Serikat telah mendesak SEC untuk memperbarui aturan yang akan memungkinkan bank-bank Amerika menjadi wali amanat untuk ETF Bitcoin spot yang baru disetujui.

Baca juga: Gelombang Baru di Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Mengguncang Dominasi Emas!

kenapa crypto naik hari ini
Sumber: X

Koalisi kelompok perdagangan yang terdiri dari Bank Policy Institute, American Bankers Association, Financial Services Forum, dan Securities Industry and Financial Markets Association telah menyampaikan kasus mereka dalam surat kepada Ketua SEC Gary Gensler.

Kelompok ini menyoroti persetujuan baru-baru ini dari produk spot Bitcoin exchange-traded di AS, mencatat bahwa bank-bank Amerika “absen” dari produk yang disetujui sebagai wali amanat aset.

Mereka meminta SEC untuk mempertimbangkan modifikasi pada Staff Accounting Bulletin 121 (SAB 121), yang memberikan panduan seputar akuntansi untuk kewajiban penyimpanan aset crypto.

ETF Bitcoin: Raja Investasi Baru

Dalam pengakuan lain terhadap kesuksesan luar biasa dari ETF Bitcoin spot AS, CryptoQuant melaporkan bahwa tiga perempat dari investasi baru ke dalam BTC berasal dari produk yang baru disetujui ini.

“Kami memperkirakan lebih dari 75% investasi baru ke dalam Bitcoin berasal dari ETF ini. Selain itu, investasi dari ETF ini telah meningkat menjadi 2% dari total investasi historis dalam Bitcoin hanya dalam satu bulan, sebagaimana diukur oleh kapitalisasi pasar yang direalisasikan,” kata CryptoQuant dalam laporan mereka.

Miliaran dolar telah mengalir ke dalam ETF Bitcoin, menandakan permintaan yang tertahan dari investor institusional.

Sumber: X

Menurut platform pelacakan Bitcoin Apollo, dana AS telah mengumpulkan 43.300 BTC, senilai sekitar $2,3 miliar dengan harga saat ini, selama empat hari terakhir.

Baca juga: ETF Bitcoin BlackRock Mencetak Rekor dengan Memegang 100 Ribu BTC!

Kontroversi KSI: Tuduhan Pump-and-Dump

Sementara itu, Olajide Olayinka Williams Olatunji, yang lebih dikenal sebagai KSI, telah menjadi sorotan para penyelidik crypto ZachXBT dan Coffeezilla setelah dia memposting tentang proyek watch-to-earn XCAD Network (XCAD), yang dituduh oleh penyelidik sebagai skema pump-and-dump.

Beberapa jam kemudian, penyelidik crypto ZachXBT berkomentar pada postingan KSI, mengatakan bahwa YouTuber tersebut akan mulai “membagikan sampah lagi”.

KSI menjelaskan bahwa dia “tidak memiliki niat jahat untuk menipu,” mengatakan dia baru dalam crypto dan merasa bersemangat.

Namun, Coffeezilla berpendapat bahwa KSI yang secara terbuka mengatakan satu hal dan kemudian secara pribadi melakukan hal yang berlawanan adalah “definisi dari pump and dump”.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Generated by AI