Kenapa Market Crypto Merah Hari Ini (23/1/24)?

author:

Kenapa Market Crypto Merah Hari Ini (23/1/24)?

Pada 23 Januari 2024, pasar crypto mengalami penurunan yang signifikan, menimbulkan pertanyaan di kalangan investor dan pengamat pasar. Dari Bitcoin hingga kapitalisasi pasar total, semua menunjukkan tren penurunan.

Mari kita selami lebih dalam untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan ini dan dampaknya terhadap pasar.

Kapitalisasi Pasar Crypto Jatuh di Bawah Dukungan

Sumber: Trading View

Dilansir dari BeInCrypto (22/1/24), grafik waktu mingguan menunjukkan bahwa kapitalisasi pasar crypto telah jatuh sejak mencapai puncak $1,80 triliun di awal Januari 2024. Penurunan ini menyebabkan dua sumbu atas panjang (ikon merah), yang dianggap sebagai tanda tekanan jual.

Baca juga: Investasi Crypto Terpuruk, Pasar Alami Likuidasi Besar-Besaran Hingga $21 Juta!

TOTALCAP juga gagal mempertahankan pergerakan naik di atas area resistensi $1,61 triliun, yang merupakan level resistensi horizontal dan Fibonacci.

Jika TOTALCAP terus turun, bisa mengalami penurunan tambahan sebesar 12% ke dukungan terdekat di $1,40 triliun. Meskipun prediksi bearish TOTALCAP ini, merebut kembali area $1,61 triliun dan garis tren dukungan saluran dapat memicu kenaikan 35% ke resistensi berikutnya di $2,10 triliun.

Bitcoin Gagal Merebut Kembali

Sumber: Trading View

Selanjutnya, harga Bitcoin telah diperdagangkan di dalam saluran paralel naik sejak Desember. Namun, harga tersebut turun dari saluran pada 12 Januari 2024, menandakan bahwa pergerakan naik telah berakhir.

Setelah penolakan dari garis tren dukungan saluran pada 16 Januari, BTC melanjutkan pergerakan turunnya, jatuh ke level rendah $40.258 pada 19 Januari 2024.

Jika penurunan berlanjut, BTC bisa jatuh 9% ke area dukungan terdekat di $37.600. Meskipun prediksi harga BTC yang bearish ini, merebut kembali garis tren dukungan saluran akan menghasilkan pembalikan. Kemudian, BTC bisa meningkat hampir 18% ke garis tren resistensi saluran di $48.550.

Baca juga: Bitcoin Terjun Bebas di Bawah $40.000, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

SEI Membentuk Pola Double Top

Sumber: Trading View

Laporan BeInCrypto mencatat harga SEI mencapai tertinggi sepanjang masa $0,88 pada 1 Januari 2024. Setelah penurunan singkat, harga meningkat lagi dan melakukan upaya breakout lain pada 17 Januari.

Penurunan berikutnya menciptakan pola double top, dianggap sebagai pola bearish (ikon merah). SEI telah jatuh sejak double top, mencapai titik rendah $0,61 pada 22 Januari 2024.

Saat penulisan, SEI diperdagangkan di dalam area dukungan Fib $0,63. Jika mengalami penurunan, bisa jatuh 23% ke dukungan terdekat di $0,47. Meskipun prediksi harga SEI yang bearish ini, pantulan kuat dari dukungan saat ini dapat memicu kenaikan 40% ke tertinggi sepanjang masa $0,88.

Secara keseluruhan, penurunan pasar crypto hari ini menunjukkan bahwa investor dan trader harus tetap waspada terhadap perubahan kondisi pasar. Dari kapitalisasi pasar hingga harga aset individual, pasar crypto menghadapi tantangan yang signifikan.

Pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pasar ini penting untuk navigasi yang efektif dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: