Heboh! Market Crypto Merah, $138 Juta Lenyap dalam Sehari!

author:

Heboh! Market Crypto Merah, $138 Juta Lenyap dalam Sehari!

Ketidakstabilan pasar crypto kembali menjadi sorotan setelah terjadi likuidasi besar-besaran yang mencapai nilai $138 juta dalam waktu 24 jam. Kejadian ini menandai salah satu hari paling fluktuatif di pasar crypto, dengan dominasi posisi long yang terpaksa ditutup.

Saat kepenulisan, Bitcoin, sebagai mata uang crypto terbesar, turun tajam hingga 2,5% dan kini berada di angka $40.730.

Long Position Terpukul Keras

Data terkini dari Coinglass menunjukkan bahwa sebagian besar likuidasi yang terjadi melibatkan posisi long, dengan kerugian mencapai lebih dari $120 juta. Sementara itu, posisi short hanya berkontribusi sekitar $18 juta terhadap total likuidasi.

Baca juga: Market Crypto Anjlok Hari Ini (22/1/24): Solana dan Cardano Jatuh, Bitcoin Bergejolak!

Penurunan harga bitcoin yang mencapai di bawah $41.000 telah memicu gelombang penutupan posisi oleh para trader yang menggunakan leverage. Dampak dari penurunan ini tidak hanya terasa pada nilai transaksi harian, tetapi juga pada kepercayaan investor.

Banyak dari mereka yang sebelumnya optimis kini harus menghadapi kenyataan pahit bahwa pasar crypto masih sangat rentan terhadap perubahan yang tak terduga.

Volatilitas Bitcoin Meningkat

Sejak SEC menyetujui beberapa ETF bitcoin spot, volatilitas tahunan bitcoin mengalami kenaikan dari sekitar 46% menjadi lebih dari 52%, berdasarkan Data Dashboard dari The Block. Kondisi ini telah menyebabkan likuidasi hampir $30 juta dari posisi bitcoin yang menggunakan leverage.

Lebih dari $24 juta dari posisi long bitcoin telah terhapus dalam 24 jam terakhir, menurut data dari Coinglass. Penurunan ini juga berdampak pada keuntungan yang belum direalisasikan oleh pemegang bitcoin.

Setelah peluncuran beberapa ETF spot pada 11 Januari, tingkat keuntungan beredar bitcoin sempat mencapai puncak multi-tahun lebih dari 90%. Namun, saat ini angka tersebut telah turun menjadi hanya sekitar 83%.

Baca juga: Bitcoin akan Melesat? Pantera Capital Ramal Kenaikan Harga dan DeFi!

Prospek Pasar Crypto Kedepan

Meskipun pasar crypto mengalami tekanan, banyak analis masih mempertahankan pandangan positif jangka panjang. Mereka percaya bahwa volatilitas adalah bagian alami dari pasar yang sedang berkembang dan menyarankan para investor untuk tetap tenang.

Namun, penting bagi kamu untuk selalu waspada dan melakukan riset sebelum berinvestasi di pasar yang dinamis ini. Pasar crypto yang volatil ini memberikan pelajaran penting tentang pentingnya manajemen risiko.

Para trader dan investor disarankan untuk tidak terlalu bergantung pada leverage dan selalu siap untuk perubahan pasar yang cepat.

Peristiwa likuidasi besar-besaran ini menjadi pengingat bagi kamu bahwa pasar crypto masih penuh dengan ketidakpastian. Meskipun demikian, ini juga menunjukkan dinamika pasar yang sehat, di mana koreksi dapat terjadi sewaktu-waktu.

Kejadian ini harus dijadikan sebagai pelajaran untuk selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: