Market Crypto Anjlok Hari Ini (22/1/24): Solana dan Cardano Jatuh, Bitcoin Bergejolak!

author:

Market Crypto Anjlok Hari Ini (22/1/24): Solana dan Cardano Jatuh, Bitcoin Bergejolak!

Pasar crypto mengawali pekan ini dengan suasana yang sedikit suram. Mata uang crypto utama seperti Solana (SOL) dan Cardano (ADA) mengalami penurunan tajam, dipicu oleh kekhawatiran para investor terhadap penjualan besar-besaran Bitcoin.

Fenomena ini menandai sebuah fase kritis dalam dinamika pasar crypto saat ini.

Penurunan Tajam Solana dan Cardano

Dalam 24 jam terakhir, Solana (SOL) dan Cardano (ADA) telah mengalami penurunan sekitar 5%, memimpin kerugian di antara mata uang kripto utama. Penurunan ini mencerminkan ketidakpastian yang melanda pasar, dengan investor yang semakin waspada terhadap potensi penurunan harga lebih lanjut.

Baca juga: Transfer Stablecoin Blockchain Solana Cetak Rekor, Tembus $300 Miliar!

BNB Chain’s BNB, di sisi lain, menunjukkan perubahan yang tidak signifikan, didukung oleh permintaan untuk platform peluncuran yang memerlukan token di bursa crypto Binance.

Dogecoin (DOGE) sempat melawan kelemahan pasar yang lebih luas, namun akhirnya juga mengalami penurunan dalam 6 jam terakhir.

Bitcoin Kehilangan Dukungan, Pasar Resah

Bitcoin, cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, telah kehilangan dukungan di level $41.000 pada awal Senin. Para pedagang memperkirakan harga bisa turun serendah $38.000 dalam beberapa minggu mendatang, yang bisa menyebabkan kerugian lebih lanjut di mata uang crypto lainnya.

Tekanan penurunan terhadap Bitcoin baru-baru ini dikaitkan dengan penjualan yang berasal dari Grayscale’s GBTC bitcoin exchange-traded fund (ETF). Dompet yang diverifikasi milik Grayscale, yang dilacak dan dilabeli oleh firma analisis Arkham, menunjukkan bahwa dana tersebut memindahkan lebih dari $400 juta Bitcoin ke custodian Coinbase Prime pada Kamis – langkah yang berpotensi menuju penjualan.

Baca juga: Harga BTC Merosot ke Rp640 Juta dan ETH ke Rp38 Juta, Apa yang Terjadi?

ETF Bitcoin Baru Menunjukkan Aliran Masuk

Namun, ETF Bitcoin yang baru disetujui mengalami aliran masuk bersih. ETF BlackRock’s IBIT dan Fidelity’s FBTC telah melampaui $1 miliar minggu lalu, menunjukkan tekanan pembelian. Data yang dilacak oleh CoinGlass menunjukkan ini sebagai indikasi adanya tekanan pembelian di pasar.

Secara keseluruhan, pada pekan ini, pasar crypto menghadapi tantangan serius dengan penurunan mata uang crypto utama dan volatilitas Bitcoin. Situasi ini menuntut para investor untuk lebih berhati-hati dan mempertimbangkan strategi mereka di tengah ketidakpastian pasar yang berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: