Kapitalisasi Pasar Bitcoin dan Tether Dominance Melonjak, Altcoin Gimana?

Kapitalisasi Pasar Bitcoin dan Tether Dominance Melonjak, Altcoin Gimana?

Bitcoin Dominance (BTCD) dan Tether, meningkatkan bagian mereka dalam total pasar crypto. Menuruty BeInCrypto, BTCD mendominasi hingga hampir 50% dari total kapitalisasi pasar crypto pada Sabtu, 10 Juni 2023, sementara USDT Dominance melonjak ke lebih dari 8,2%. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Dominance Menguasai Pasar Seiring Investor Tinggalkan Pasar Altcoin

marketcap btcd
Bitcoin Dominance (BTCD). Sumber: TradingView

Seiring dengan peningkatan BTC Dominance, peningkatan pada Sabtu pagi berbarengan dengan keruntuhan besar-besaran pasar altcoin.

Lalu, apa alasan di balik lonjakan BTC Dominance? Menurut BeInCrypto, alasan di balik lonjakan BTCD adalah harga BTC tetap kuat dibandingkan dengan banyak altcoin. Dengan token seperti Solana dan Polygon jatuh lebih dari 20% semalam, kapitalisasi pasar mereka mengecil dengan cepat.

Baca Juga: Bitcoin Whale Bangkit dari Tidur Panjang: Pindahkan $37,8 Juta setelah Tersimpan Lebih dari 10 Tahun

Bitcoin dan Perlindungan Investor

Pada saat yang sama, harga Bitcoin yang relatif stabil menawarkan pelindungan bagi investor. Ini mendorong lebih banyak dana keluar dari pasar altcoin dan masuk ke Bitcoin karena investor mencari perlindungan dari penurunan harga

BTC Dominance telah terus meningkat sejak November dan meningkat pesat selama krisis perbankan AS Maret. Setelah lonjakan Sabtu, BTCD berada pada level tertingginya sejak 2021.

Baca Juga: Lebih Bersahabat terhadap Crypto, Pasokan Bitcoin (BTC) Asia Naik 10%

Peningkatan Dominasi Tether

dominasi tether
Sumber: Unsplash

Meski likuiditas Bitcoin yang kuat menjadikannya cara menarik bagi trader crypto untuk keluar dari pasar altcoin, stablecoin juga menawarkan strategi alternatif untuk menghindari risiko.

Dan sebagai stablecoin berpegangan dolar paling populer, USDT memberikan cara mudah untuk keluar dari volatilitas pasar crypto tanpa sepenuhnya meninggalkan mata uang fiat.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi peningkatan USDT Dominance adalah deviasi harga yang mengkhawatirkan dari stablecoin sejenis, TrueUSD (TUSD).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: