Mark Cuban Menyerang SEC! Tuntut Klarifikasi Pendaftaran Aset Digital

Mark Cuban Menyerang SEC! Tuntut Klarifikasi Pendaftaran Aset Digital

Investor miliarder terkenal, Mark Cuban, baru-baru ini bergabung dengan sejumlah tokoh industri yang menyatakan ketidakpuasan terhadap Securities and Exchange Commission Amerika Serikat (SEC) atas apa yang dia anggap sebagai kekurangan pedoman pendaftaran yang jelas bagi perusahaan cryptocurrency.

Cuban menggunakan Twitter untuk menyoroti ketiadaan proses pendaftaran dalam dokumen SEC “Kerangka Kerja untuk Analisis Kontrak Investasi dari Aset Digital”, menegaskan bahwa ketiadaan ini membuat sangat sulit menentukan apa yang menjadi sekuritas dalam dunia crypto.

Mark Cuban Menuntut Rincian Pendaftaran Langkah Demi Langkah

Mark Cuban menekankan bahwa dokumen tersebut gagal menyediakan sketsa langkah demi langkah untuk pendaftaran, membuat sulit bagi perusahaan untuk mengetahui kriteria kepatuhan terhadap hukum sekuritas federal.

Meskipun dokumen SEC memang membahas pengungkapan informasi relevan untuk memungkinkan keputusan investasi yang berinformasi dan pentingnya upaya manajerial untuk keberhasilan perusahaan, namun masih jauh dari menawarkan proses pendaftaran yang komprehensif.

Baca Juga: Miliarder Mark Cuban Ungkap Alasannya Berinvestasi di Crypto!

Sebagai kontras, Mark Cuban menunjukkan bahwa sektor lain di dalam industri keuangan menerima petunjuk yang jauh lebih jelas dari SEC.

Cuban menyarankan bahwa SEC harus mengadopsi pendekatan serupa dengan cryptocurrency, melibatkan pemangku kepentingan industri dalam upaya kolaboratif untuk menentukan aspek mana dari crypto yang harus dianggap sebagai sekuritas.

SEC Hadapi Kecaman atas Perlakuan terhadap Perusahaan Crypto

67 aset crypto sekuritas
Unsplash

Meski pernyataan Gensler, SEC baru-baru ini mengajukan tuntutan hukum terhadap bursa crypto besar seperti Binance dan Coinbase.

Tuntutan hukum ini menyatakan bahwa bursa-bursa tersebut melanggar regulasi sekuritas dengan menawarkan crypto yang dianggap SEC sebagai sekuritas yang tidak terdaftar. Saat ini, SEC telah mengklasifikasikan total 68 cryptocurrency sebagai sekuritas.

Baca Juga: Tak Sudi Pilih Emas, Miliarder Mark Cuban Lebih Cinta Bitcoin!

Seruan untuk kejelasan yang lebih besar dan proses pendaftaran yang terdefinisi dengan baik dalam industri crypto menyoroti tantangan berkelanjutan yang dihadapi oleh peserta pasar dan regulator.

Menetapkan kerangka kerja yang komprehensif yang membedakan antara sekuritas dan non-sekuritas dalam ruang crypto sangat penting untuk mendorong inovasi, perlindungan investor, dan pertumbuhan berkelanjutan pasar aset digital.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: