Marathon, Raksasa Penambangan Bitcoin, Siap Lakukan Ekspansi Internasional!

author:

Marathon, Raksasa Penambangan Bitcoin, Siap Lakukan Ekspansi Internasional!

Marathon, perusahaan penambangan Bitcoin terbesar di dunia, baru saja mengungkapkan rencana ambisiusnya dalam laporan triwulanan terbarunya. Dengan peningkatan daya tambang yang signifikan dan pergeseran strategis ke model usaha patungan internasional, Marathon siap untuk mengubah peta penambangan Bitcoin global.

Marathon: Raksasa Penambangan Bitcoin yang Tak Kenal Lelah

pertambangan crypto di abu dhabi
Sumber: Coincu News

Marathon, sebagai penambang publik terbesar berdasarkan tingkat hash rate dan kepemilikan Bitcoin, telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa. Dalam satu tahun, perusahaan ini telah meningkatkan produksi Bitcoin-nya sebesar 467%, memperluas tingkat hash rate-nya dari 7 EH/s menjadi 19,2 EH/s.

Baca juga: Marathon Digital Luncurkan Proyek Penambangan Bitcoin Paraguay yang Didukung Hydro Energy

Peningkatan ini telah memungkinkan Marathon untuk meningkatkan produksi Bitcoin dari hanya 416 BTC di Q3 2022 menjadi luar biasa 3.490 BTC di Q3 2023. Marathon juga berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan 23 EH/s-nya, berkat fasilitasnya di Garden City, Texas, yang akan segera beroperasi penuh.

Namun, proses pengaktifan situs ini telah mengalami penundaan sejak Juli.

Strategi Baru: Ekspansi Internasional

Marathon kini beralih ke usaha patungan internasional, sebuah langkah yang dapat menjadikannya penambang dengan diversifikasi geografis terluas dan secara bertahap mengurangi biaya produksi.

Perusahaan ini telah merasa lelah dengan biaya tinggi dan penundaan pengaktifan di fasilitas yang dihosting di AS. Marathon berencana untuk ekspansi sebesar 30% pada 2024 dengan penambahan fasilitas baru di Abu Dhabi dan Paraguay.

Meski struktur biaya Marathon telah membaik, namun masih relatif tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Selain itu, marginnya bisa terpukul setelah pemotongan separuh jika harga Bitcoin jatuh di bawah $30,000.

Baca juga: Marathon Digital Siapkan $750 Juta untuk Ekspansi Mining Bitcoin, Saham Melonjak 23%!

Outlook Ekosistem Penambangan Bitcoin

Jaringan Bitcoin saat ini beroperasi dengan tingkat hash rate rata-rata harian sebesar 428 EH/s, mendekati rekor tertingginya. Hal ini menambah tekanan pada penambang yang bersaing untuk blok berikutnya.

Meski harga telah meningkat, profitabilitas penambangan, atau harga hash, tetap rendah. Saat ini, harga hash adalah $0,079 per TH/s per hari. Dengan tingkat hash rate yang tinggi dan profitabilitas yang rendah, penambangan Bitcoin tetap menjadi tantangan bagi semua pemain, kecuali yang terbesar.

Dengan ekspansi internasional dan peningkatan daya tambang yang signifikan, Marathon siap untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di dunia penambangan Bitcoin. Hanya waktu yang akan menentukan sejauh mana perusahaan ini dapat mengubah peta penambangan crypto global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: