Laporan Marathon Digital Mencatatkan Pendapatan $387,5 Juta pada Tahun 2023!

author:

Laporan Marathon Digital Mencatatkan Pendapatan $387,5 Juta pada Tahun 2023!

Marathon Digital, raksasa penambangan Bitcoin asal Amerika Serikat, mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang spektakuler di tahun 2023, sekaligus mengumumkan pengembangan jaringan Layer-2 Bitcoin yang dinamakan Anduro.

Inisiatif ini menandai langkah besar Marathon dalam memperkaya ekosistem crypto.

Pendapatan Rekor Menembus Langit

Tahun 2023 menjadi tahun emas bagi Marathon Digital dengan pendapatan tahunannya yang mencapai $387,5 juta, meningkat 229% dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Marathon Digital: Raksasa Baru di Dunia Penambangan Bitcoin!

CEO Marathon, Fred Thiel, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini, menegaskan bahwa Marathon telah berhasil mengoptimalkan kinerja armada penambangan yang dimilikinya.

Pendapatan kuartal keempat saja melonjak 452% menjadi $156,8 juta, melampaui ekspektasi analis. Lonjakan ini didorong oleh peningkatan produksi Bitcoin sebesar 172% dibandingkan tahun sebelumnya, ditambah dengan peningkatan harga rata-rata Bitcoin selama periode tersebut.

Untuk mendanai biaya operasional, Marathon menjual 56% Bitcoin yang diproduksinya selama kuartal tersebut.

Inovasi Anduro: Masa Depan Crypto Marathon

Marathon tidak hanya fokus pada penambangan Bitcoin. Pada tahun 2023, perusahaan ini mengumumkan pengembangan Anduro, sebuah platform sidechain Layer-2 untuk Bitcoin.

Anduro dirancang untuk mendukung pembuatan berbagai sidechain Bitcoin dan berfungsi sebagai lapisan aplikasi yang dapat diprogram.

Dua sidechain pertama yang dikembangkan berbasis Anduro adalah Coordinate, yang ditujukan untuk komunitas Ordinals, dan Alys, sebuah rantai yang kompatibel dengan Ethereum untuk tokenisasi aset institusional.

Anduro memungkinkan penambang, termasuk Marathon, untuk mendapatkan pendapatan dari transaksi sidechain Anduro dalam bentuk Bitcoin, sambil tetap menambang di lapisan dasar Bitcoin.

Baca juga: Marathon Digital Bersiap Lepas Bitcoin Lagi, Simak Strateginya!

Kinerja Finansial dan Operasional Memukau

marathon digital mining
Sumber: MARA

Marathon mencatatkan pendapatan bersih tahunan sebesar $261,2 juta, berbanding terbalik dengan kerugian bersih tahun sebelumnya. Pendapatan bersih kuartal keempat mencapai $151,8 juta, dengan EPS (Earnings Per Share) tahunan sebesar $1,06.

Pada akhir tahun, Marathon memiliki $357,3 juta dalam bentuk tunai dan setara kas, serta 15.126 BTC, dengan total nilai gabungan mencapai $997 juta.

Dari sisi operasional, tingkat hash yang dihasilkan Marathon meningkat menjadi 24,7 EH/s di tahun 2023, naik 253% dari tahun sebelumnya. Efisiensi armada juga meningkat 21%, dan perusahaan kini mengoperasikan 11 fasilitas di tiga benua dengan kapasitas total 900 megawatt.

Secara keseluruhan, Marathon Digital telah membuktikan dirinya tidak hanya sebagai pemain utama dalam industri penambangan Bitcoin, tetapi juga sebagai inovator dalam ekosistem crypto.

Dengan pendapatan rekor dan pengembangan Anduro, Marathon menetapkan standar baru dalam pertumbuhan dan diversifikasi di industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block