Marathon Digital Luncurkan Anduro, Jaringan Layer-2 Bitcoin Terbaru!

Marathon Digital Luncurkan Anduro, Jaringan Layer-2 Bitcoin Terbaru!

Perusahaan pertambangan kripto raksasa, Marathon Digital, baru-baru ini mengumumkan peluncuran jaringan multichain layer 2 Bitcoin terbaru mereka yang diberi nama Anduro. Melalui jaringan ini, Marathon Digital berharap dapat mempercepat pengembangan dan adopsi Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Anduro, Jaringan Layer 2 Bitcoin Terbaru

Anduro dirancang sebagai layer aplikasi yang bertujuan untuk mendorong inovasi dalam ekosistem Bitcoin dengan memungkinkan terciptanya beberapa sidechain.

Layer 2 yang dapat diprogram ini dirancang untuk “secara sistematis mengintegrasikan tata kelola yang terdesentralisasi, dengan fokus untuk menjadi layer dua Bitcoin yang paling andal dan berpusat pada pengembang,” kata perusahaan tersebut.

Meskipun Marathon telah membantu menginkubasi Anduro, jaringan ini dimaksudkan untuk dipimpin dan digerakkan oleh komunitas. Perusahaan pertambangan raksasa itu mengatakan bahwa mereka juga sedang mengerjakan dua sidechain pertama di Anduro, yaitu Coordinate dan Alys.

Coordinate menawarkan tumpukan UTXO (unspent transaction output) yang hemat biaya untuk komunitas Ordinals, dan Alys adalah sidechain yang kompatibel dengan Ethereum untuk tokenisasi aset institusional.

Baca Juga: Laporan Marathon Digital Mencatatkan Pendapatan $387,5 Juta pada Tahun 2023!

Anduro Manfaatkan Merge-Mining

anduro merge mining
Desain jaringan Anduro. Sumber: Marathon Digital

Anduro memanfaatkan sistem baru yang disebut merge-mining, yang memungkinkan penambang seperti Marathon untuk mendapatkan penghasilan dari transaksi sidechain Anduro sambil terus menambang Bitcoin.

Menurut Litepaper, tata kelola terjadi melalui “konsortium beragam entitas yang mendukung Bitcoin yang dikenal sebagai Kolektif.” Namun, ini akan dihapus setelah alternatif tanpa kepercayaan mencapai kesiapan produksi.

Baca Juga: Marathon Digital Bersiap Lepas Bitcoin Lagi, Simak Strateginya!

Anduro Dukung Inovasi Ekosistem Bitcoin

Ketua dan CEO Marathon, Fred Thiel, mengatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kepentingan pribadi dalam mendukung inovasi dalam ekosistem Bitcoin, yang mencakup proyek-proyek seperti Anduro.

“Kami percaya dalam menguji, mengulang, dan membiarkan pasar memutuskan ide apa yang berhasil,” katanya sebelum menambahkan, “Anduro adalah salah satu ide yang memberikan nilai bagi pemegang Bitcoin dan pengembang aplikasi, sambil memperkuat keberlanjutan jangka panjang dari Bukti Kerja Bitcoin.

Langkah selanjutnya bagi perusahaan adalah merekrut “mitra yang berpengaruh dan selaras” untuk berinvestasi di garis depan adopsi Bitcoin, tulis Litepaper.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi