Marathon Digital Ditunjuk Pemerintah Kenya Jadi Konsultan Crypto, Kenya Makin Pro Crypto!

Marathon Digital Ditunjuk Pemerintah Kenya Jadi Konsultan Crypto, Kenya Makin Pro Crypto!

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Kenya telah menunjuk perusahaan penambangan Bitcoin yang berbasis di Amerika Serikat, Marathon Digital, sebagai konsultan untuk membantu negara tersebut mengembangkan kebijakan mata uang crypto dan memenuhi kebutuhan energi untuk penambangan crypto.

Langkah ini menandai perubahan besar dari sikap sebelumnya Bank Sentral Kenya (CBK) dan badan pemerintah lainnya yang menentang mata uang crypto. Marathon Digital akan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi Kenya untuk mengatasi kebutuhan energi yang terkait dengan penambangan mata uang crypto.

Kolaborasi Marathon Digital dengan Pemerintah Kenya

Pengumuman penunjukan Marathon Digital sebagai konsultan disampaikan oleh Presiden Kenya, William Ruto, dalam AMCHAM Business Summit. Hadir dalam acara tersebut Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, dan Menteri Investasi dan Perdagangan Kenya, Rebecca Miano.

Presiden Ruto menjelaskan bahwa Marathon Digital akan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi untuk mengatasi kebutuhan energi yang terkait dengan penambangan mata uang crypto.

Baca Juga: Bitcoin Berada di Luar Zona Bahaya Pasca Halving, Analis Berpendapat Zona Bahaya Telah Berakhir?

“Marathon Digital telah ditunjuk untuk berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan tentang rezim mata uang crypto dan Kementerian Energi untuk membahas kebutuhan energi sehubungan dengan penambangan mata uang crypto,” kata Presiden Ruto dalam pertemuan dengan investor Amerika.

Kenya Menuju Regulasi Crypto

kenya bentuk komite untuk worldcoin
Sumber: Protos

Kenya sedang memulai upaya menuju regulasi crypto, dengan pemerintah membentuk tim multi-lembaga yang mencakup bank sentral. Momentum adopsi crypto Kenya memuncak pada Desember 2023 ketika komite Majelis Nasional Kenya menyetujui RUU Pasar Modal. Jika disahkan menjadi undang-undang, RUU ini akan memperkenalkan pajak bursa crypto dan dompet crypto, yang mencerminkan kerangka perpajakan yang diterapkan pada transaksi perbankan tradisional.

Pada tanggal 23 April, NTV Kenya melaporkan pembentukan kelompok kerja multi-lembaga yang bertugas mengembangkan aturan dan pengawasan untuk kripto, yang juga dikenal sebagai aset virtual, dan entitas yang berurusan dengannya, seperti Penyedia Layanan Aset Virtual. Menteri Keuangan Nasional Kenya, Prof. Njuguna Ndung’u, mengungkapkan pembentukan kelompok ini kepada Majelis Nasional.

Penutup

Penunjukan Marathon Digital sebagai konsultan oleh pemerintah Kenya merupakan langkah maju yang signifikan dalam regulasi mata uang crypto di negara tersebut. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu Kenya mengembangkan kebijakan yang tepat untuk mengatur dan memanfaatkan potensi mata uang crypto, sambil mengatasi risiko yang terkait dengannya.

Baca Juga: Airdrop Ethereum L2 EigenLayer: Airdrop Tambahan Senilai 28 Juta EIGEN Siap Dibagikan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi