Marathon Digital Luncurkan Proyek Penambangan Bitcoin Paraguay yang Didukung Hydro Energy

author:

Marathon Digital Luncurkan Proyek Penambangan Bitcoin Paraguay yang Didukung Hydro Energy

Marathon Digital, perusahaan teknologi terkemuka, baru saja meluncurkan proyek penambangan Bitcoin berkapasitas 27 megawatt di Paraguay. Proyek ini ditenagai oleh energi hidro yang terbarukan dari Bendungan Itaipu, dan diharapkan dapat membantu Paraguay memanfaatkan kelebihan energinya tanpa perlu membangun infrastruktur tambahan yang mahal.

Proyek Kolaborasi Marathon Digital dan Penguin Infrastructure Holding

Menurut laporan, proyek baru ini merupakan hasil kerjasama antara Marathon Digital dan Penguin Infrastructure Holding. Para penambang pertama sudah berada di lokasi dan sedang dipersiapkan untuk instalasi dan pengaktifan.

Baca juga: Rekor, Penambang Bitcoin Raup Keuntungan Hingga $44 Juta!

Fred Thiel, Ketua dan CEO Marathon, menyatakan bahwa proyek ini adalah penyebaran internasional kedua mereka dan merupakan langkah pertama mereka di Amerika Latin. Proyek ini akan dijalankan dalam dua tahap.

Tahap pertama diharapkan selesai pada November, dengan tujuh megawatt yang akan menggerakkan sekitar 0,3 EH/s penambang Marathon. Tahap kedua akan selesai pada 2024, dengan 0,8 EH/s penambang Marathon yang ditenagai oleh 20 megawatt.

Manfaat Tambang Bitcoin untuk Paraguay

Marathon percaya bahwa penambang Bitcoin memiliki kemampuan unik untuk berlokasi di sumber daya yang menghasilkan energi berlebih, seperti Bendungan Itaipu di Paraguay. Mereka berharap proyek ini dapat menjadi studi kasus yang baik untuk menunjukkan nilai tambang Bitcoin bagi daerah dengan kelebihan energi.

Lebih lanjut, bendungan Itaipu adalah bendungan hidroelektrik terbesar kedua di dunia berdasarkan produksi tahunan. Paraguay menghasilkan sekitar 32 terawatt jam energi surplus per tahun, dan Marathon bertujuan untuk membantu negara ini memanfaatkan kelebihan energi ini tanpa perlu membangun infrastruktur tambahan yang mahal.

Baca juga: Meningkat 77%, Marathon Digital Holdings Menambang 1.245 Bitcoin (BTC) Selama Mei 2023!

Marathon Digital dan Proyek Internasionalnya

ekspansi marathon digital
Sumber: The Block

Peluncuran proyek internasional kedua Marathon ini datang tak lama setelah perusahaan meluncurkan proyek pilot penambangan Bitcoin yang ditenagai oleh gas metana dari tempat pembuangan sampah di Utah. Ini menunjukkan komitmen Marathon untuk mencari sumber energi alternatif dan berkelanjutan untuk operasi penambangan crypto mereka.

Dengan proyek ini, Marathon Digital dan Paraguay berharap dapat menunjukkan bahwa penambangan Bitcoin dapat menjadi solusi inovatif untuk memanfaatkan kelebihan energi. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam industri crypto, dan bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain yang memiliki kelebihan energi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: