Marathon Digital Berencana Membeli Pusat Penambangan Bitcoin 200MW Senilai $87,3 juta!

author:

Marathon Digital Berencana Membeli Pusat Penambangan Bitcoin 200MW Senilai $87,3 juta!

Dalam sebuah langkah strategis yang mengejutkan industri crypto, Marathon Digital Holdings mengumumkan pembelian pusat penambangan Bitcoin berkapasitas 200 megawatt di Texas senilai $87,3 juta.

Transaksi monumental ini tidak hanya menandai ekspansi besar bagi Marathon tetapi juga menegaskan posisinya sebagai pemain dominan di arena penambangan crypto global.

Ekspansi Kapasitas yang Mengubah Permainan

Marathon Digital Holdings, dalam upaya untuk memperkuat operasional dan kapasitas penambangannya, telah mengambil langkah besar dengan mengakuisisi pusat penambangan Bitcoin baru.

Baca juga: Laporan Marathon Digital Mencatatkan Pendapatan $387,5 Juta pada Tahun 2023!

Pembelian ini meningkatkan total kapasitas penambangan Bitcoin Marathon menjadi sekitar 1,1 gigawatt, mendekati kebutuhan listrik fiksi “Flux Capacitor” dari franchise film Back to The Future.

Fred Thiel, Ketua dan CEO Marathon, menyatakan bahwa transaksi ini tidak hanya meningkatkan pengaruh mereka atas operasi saat ini tetapi juga mengurangi biaya per koin sekitar 20% di lokasi tersebut.

Dengan tambahan 100 megawatt kapasitas untuk ekspansi, Marathon kini mengendalikan dan mengoperasikan 54% dari total kapasitasnya, yang tersebar di sebelas lokasi di tiga benua.

Menavigasi Tantangan Halving Bitcoin

Marathon Digital tidak hanya fokus pada ekspansi kapasitas tetapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi halving Bitcoin yang akan datang.

Halving ini, yang dijadwalkan terjadi pada pertengahan April 2024, akan mengurangi hadiah penambangan blok sebesar 50% dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok. Peristiwa ini dapat berdampak signifikan terhadap organisasi penambangan skala besar seperti Marathon.

Dengan penambahan kapasitas baru, Marathon bertujuan untuk menambang volume Bitcoin yang lebih besar, membantu mengimbangi potensi kerugian keuntungan yang ditimbulkan oleh pemotongan drastis dalam hadiah Bitcoin.

Langkah ini menunjukkan adaptasi dan perencanaan strategis Marathon dalam menghadapi dinamika pasar crypto yang selalu berubah.

Baca juga: Terungkap! Bitdeer Menjadi Salah Satu Penambang Bitcoin yang Paling Hemat Biaya

Posisi Marathon di Industri Penambangan Crypto

penambangan bitcoin
Sumber: Seeking Alpha

Marathon Digital Holdings telah berhasil melewati berbagai tantangan, termasuk “musim dingin crypto” terakhir, dan terus beroperasi saat harga Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru pada tahun 2024.

Dengan pesaing utama seperti Celsius Mining dan Compute North mengajukan kebangkrutan dalam beberapa tahun terakhir, Marathon kini memimpin di antara para pesaingnya dalam industri yang dulunya padat.

Investasi besar ini tidak hanya menegaskan kembali komitmen Marathon terhadap industri penambangan crypto tetapi juga menandai langkah penting dalam strategi pertumbuhan jangka panjangnya.

Dengan kapasitas yang diperluas dan persiapan untuk halving Bitcoin, Marathon menetapkan standar baru dalam efisiensi dan skalabilitas penambangan crypto.

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, langkah berani Marathon Digital Holdings menunjukkan kepercayaan dan visi jangka panjang terhadap masa depan penambangan Bitcoin.

Investasi ini tidak hanya memperkuat posisi Marathon di pasar tetapi juga memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan besar menavigasi dan beradaptasi dengan perubahan dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured image: The Block