Terobosan Baru di Dunia Crypto: Mantan Eksekutif Citigroup Luncurkan Sekuritas Berbasis Bitcoin!

author:

Terobosan Baru di Dunia Crypto: Mantan Eksekutif Citigroup Luncurkan Sekuritas Berbasis Bitcoin!

Dunia crypto baru saja dikejutkan dengan langkah berani mantan eksekutif Citigroup Inc. yang mengumumkan peluncuran sekuritas yang didukung oleh Bitcoin (BTC). Inovasi ini menjanjikan akses bagi institusi ke pasar yang diatur di Amerika Serikat tanpa memerlukan persetujuan dari regulator AS.

Hal ini merupakan langkah yang mungkin mengubah peta investasi crypto bagi investor institusional.

Strategi Tanpa Restu SEC

Mantan eksekutif Citigroup telah membentuk perusahaan baru yang bernama Receipts Depositary Corporation (RDC) untuk menawarkan Bitcoin Depositary Receipts (BTC DRs). Produk ini mirip dengan American Depositary Receipts yang mewakili saham asing. RDC mengklaim bahwa produk ini akan menjadi yang pertama yang menawarkan kepemilikan langsung atas Bitcoin kepada institusi yang memenuhi syarat.

Baca juga: Citigroup Luncurkan Citi Token Services: Inovasi Blockchain untuk Pelanggan Institusi!

RDC telah mendesain BTC DRs untuk memungkinkan institusi memperoleh sekuritas Bitcoin melalui infrastruktur pasar yang diatur di AS, yang akan dibersihkan melalui Depository Trust Co.

Ankit Mehta, salah satu pendiri RDC dan mantan eksekutif Citigroup, menyatakan bahwa produk ini bertujuan menjadi alat konversi bagi pemilik aset yang ingin mengubah Bitcoin mereka menjadi sekuritas yang memenuhi kriteria DTC.

“Kami adalah alat konversi bagi pemilik aset saat ini, baik itu hedge fund, kantor keluarga, perusahaan, investor institusional besar, yang ingin mengambil Bitcoin mereka dan mengonversinya menjadi sekuritas yang memenuhi syarat DTC.”

Infrastruktur dan Dukungan

prediksi harga bitcoin 2024

Broadridge Corporate Solutions akan bertindak sebagai agen transfer, sementara Anchorage Digital Bank National Association akan mengelola custodian untuk Bitcoin yang mendasari penawaran RDC.

Baca juga: Inflow Investasi Crypto Melonjak Hingga $2,25 Miliar, Bitcoin Mendominasi!

RDC telah mendapatkan dukungan dari investor seperti Franklin Templeton, BTIG, dan Broadhaven Ventures. Produk ini dirancang untuk melengkapi ETF Bitcoin, menawarkan alternatif bagi institusi yang ingin memiliki Bitcoin secara langsung.

Kerjasama dengan berbagai pihak ini menunjukkan keseriusan RDC dalam menyediakan solusi bagi investor institusional yang ingin terlibat dalam pasar crypto. Dengan adanya produk ini, RDC berharap dapat memberikan jalan bagi institusi untuk memasuki pasar crypto dengan lebih aman dan teratur, terutama di tengah ketidakpastian regulasi yang ada.

Secara keseluruhan, peluncuran sekuritas berbasis Bitcoin oleh mantan eksekutif Citigroup ini menandai babak baru dalam investasi crypto. Meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan, langkah ini dapat memberikan kepercayaan baru bagi investor institusional untuk terjun ke dalam pasar crypto.

Dengan inovasi ini, dunia crypto mungkin akan menyaksikan pertumbuhan yang lebih stabil dan matang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: