Mantan CEO Twitter Terjun ke Bisnis Penambangan Bitcoin di Afrika, Kenapa Harus Afrika?

Mantan CEO Twitter Terjun ke Bisnis Penambangan Bitcoin di Afrika, Kenapa Harus Afrika?

Cryptocurrency telah jadi perbincangan selama beberapa tahun terakhir dan dengan popularitasnya yang meningkat, ia telah menarik perhatian banyak pemimpin industri teknologi.

Jack Dorsey, pendiri dan mantan CEO Twitter, baru-baru ini berinvestasi di perusahaan penambangan Bitcoin (BTC) bernama Gridless.

Apa yang membuat sang pendiri Twitter ini tertarik menggeluti industri crypto terutama penambangan Bitcoin? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman Geek Metaverse berikut ini.

Penambangan Bitcoin Gunakan Kelebihan Energi Tak Terpakai di Afrika

Untuk apa Dorsey investasi ke perusahaan penambangan Bitcoin?

Tujuan dari investasi ini adalah untuk membantu menghadirkan infrastruktur listrik ke daerah terpencil dan pedesaan di Afrika untuk dapat memanfaatkan kelebihan energi yang tidak terpakai untuk menambang Bitcoin (BTC).

Gridless mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan $2 juta dana investasi atau setara dengan Rp30,8 triliun ($1 = Rp15.438) dari Stillmark dan Block, bersama dengan investor lainnya.

Stillmark, sebuah perusahaan investasi ventura Bitcoin, adalah salah satu pendukung utama proyek tersebut, yang saat ini berfokus pada Afrika Timur.

Ide Inovatif Gridless Ternyata Terinspirasi Pendiri Twitter!

Ide Inovatif Gridless Ternyata Terinspirasi Pendiri Twitter!
Kenyan Wallstreet

Faktanya Gridless lakukan proyek inovatif di atas berkat Jack Dorsey, lho!

Gridless terinspirasi oleh tweet yang dibagikan Jack Dorsey pada tahun 2021 yang berisi sebuah usulan pembuatan sistem universal dan ramah lingkungan untuk menambang mata uang crypto sumber terbuka.

Kelebihan energi ini diinvestasikan di pusat data dan infrastruktur lain yang diperlukan untuk menambang Bitcoin (BTC) dengan tujuan menurunkan biaya konsumsi listrik bagi penduduk desa setempat.

Baca Juga: Revolusioner! Penambangan Crypto Bertenaga Nuklir Pertama Siap Dibuka di Amerika Serikat!

Apa yang dilakukan oleh Gridless di Afrika ini sama dengan sebuah proyek Gridless yang dilakukan di Malawi.

Tidak melulu soal uang, dilansir dari Cointelegraph (25/1/23), sebuah proyek penambangan Bitcoin di sudut terpencil Malawi menghubungkan lebih banyak keluarga ke jaringan listrik, sekaligus memberikan pemberdayaan ekonomi ke wilayah miskin.

Seperti apakah detail informasi proyek penambangan Bitcoin yang dilakukan Gridless di Malawi tersebut? Simak informasi selengkapnya mengenai Penambangan Bitcoin Membawa Dampak Baik Bagi Malawi di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: