Mantan CEO Binance Dilarang Tinggalkan AS untuk Pulang ke Dubai, Apa yang Terjadi?

Mantan CEO Binance Dilarang Tinggalkan AS untuk Pulang ke Dubai, Apa yang Terjadi?

Changpeng “CZ” Zhao, mantan CEO Binance, dilarang meninggalkan Amerika Serikat (AS) oleh pengadilan setempat. Keputusan ini diambil menunggu putusan pengadilan terkait kasus yang melibatkan Zhao dan pertukaran crypto Binance.

Pengadilan AS Tahan CZ

kasus binance crypto
Boxmining

Menurut berkas pengadilan yang diajukan pada 27 November di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Barat Washington di Seattle, Hakim Richard Jones menunda keputusan hakim magistrat yang seharusnya memungkinkan CZ kembali ke Uni Emirat Arab, tempat dia memiliki anggota keluarga.

Baca Juga: CEO Binance, Changpeng Zhao, Buka Rahasia! Tekanan Eksternal Justru Bangun Tim yang Kuat!

Hakim memerintahkan bahwa CZ tidak diperbolehkan bepergian ke UEA sampai pengadilan memutuskan tentang mosi tinjauan dari pemerintah AS. Pada 21 November, Zhao mengaku bersalah atas satu tuduhan kejahatan karena gagal menjaga program Anti-Pencucian Uang yang efektif selama masa jabatannya sebagai CEO Binance, melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank AS.

Setelah membayar jaminan sebesar $175 juta, dia tetap bebas untuk bepergian di dalam AS hingga sidang penentuan hukumannya, yang diharapkan pada Februari 2024.

Dampak Bagi Binance

binance luncurkan copy trading
Sumber: VOX

CZ mengundurkan diri sebagai CEO Binance pada 21 November sebagai bagian dari penyelesaian dengan Departemen Kehakiman AS, di mana dia mengaku bersalah atas satu tuduhan kejahatan dan setuju untuk membayar $150 juta kepada regulator.

Kesepakatan ini sebagian besar memungkinkan pertukaran crypto untuk menghindari tuduhan tambahan dengan imbalan denda sekitar $4,3 miliar.

Masa Depan CZ dan Binance

Dengan keputusan ini, masa depan CZ dan Binance menjadi pertanyaan besar. Apakah CZ akan mampu menghadapi hukuman yang mungkin mencapai 18 bulan penjara? Bagaimana dampaknya bagi Binance dan pasar crypto secara umum? Semua ini masih menjadi tanda tanya yang menunggu jawaban.

Paragraf Penutup

Kasus CZ dan Binance ini menjadi peringatan bagi semua pelaku pasar crypto bahwa regulasi dan hukum harus selalu dihormati. Tidak ada yang dikecualikan, bahkan CEO dari pertukaran crypto terbesar sekalipun.

Baca Juga: Binance dan Kraken Guncang Dunia Crypto, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi