Terungkap! Manta Pacific Tinggalkan OP Stack dan Beralih ke Polygon CDK

author:

Terungkap! Manta Pacific Tinggalkan OP Stack dan Beralih ke Polygon CDK

Dalam dunia yang semakin kompetitif ini, Manta Network melalui Manta Pacific, jaringan berfokus pada aplikasi zero-knowledge (ZK), membuat keputusan besar dengan meninggalkan OP Stack dan memilih untuk berintegrasi dengan Polygon CDK. Keputusan ini menandai perubahan signifikan dalam ekosistem blockchain.

Alasan Manta Pacific Memilih Polygon CDK

manta network luncurkan manta pacific
Sumber: Medium

Raintai Layer-2 Manta Network akan memigrasikan perangkat lunaknya dari OP stack ke Polygon CDK. Ini berarti bahwa Manta tidak akan diintegrasikan ke dalam Optimism Superchain yang akan datang dan akan menjadi bagian dari ekosistem Polygon.

Baca juga: Polygon Luncurkan ‘Chain Development Kit’ untuk Jaringan Berbasis Zero-Knowledge di Ethereum!

Manta Network meluncurkan Manta Pacific pada 12 September 2023, yang merupakan jaringan penskalaan layer-2 tanpa pengetahuan yang dirancang untuk memberikan kemampuan penerapan aplikasi terdesentralisasi (DApp) yang hemat biaya dan efisien bagi para pengembang. Jaringan ini awalnya dikembangkan sebagai rollup optimis menggunakan OP Stack.

Kabar terbaru, Manta Pacific memilih untuk beralih ke Polygon CDK dengan tiga alasan utama. Pertama, Polygon CDK memungkinkan proses deposit dan penarikan yang cepat tanpa memerlukan waktu untuk pengajuan bukti penipuan.

Kedua, Manta Pacific berpendapat bahwa Polygon CDK lebih “modular” dan “sovereign” dibandingkan alternatif lainnya, memberikan tim lebih banyak fleksibilitas dalam membangun fitur.

Ketiga, penggunaan Polygon CDK akan memungkinkan pengembang menciptakan “jembatan ZK tanpa kepercayaan ke Ethereum.”

Implikasi dari Keputusan Manta Pacific

Keputusan Manta Pacific ini berpotensi menjadi pukulan bagi OP Labs, yang sebelumnya berada di puncak popularitas setelah OP Stack dipilih sebagai dasar untuk jaringan blockchain layer-2 baru Coinbase, ‘Base.’

Namun, dengan Manta Pacific memilih untuk menjadi ZK-rollup, ini menunjukkan bahwa teknologi ZK mungkin lebih maju daripada teknologi optimis.

Reaksi dan Dampak di Industri Blockchain

Keputusan Manta Pacific ini telah menimbulkan reaksi di industri blockchain. Sandeep Nailwal, salah satu pendiri Polygon, menyambut baik integrasi ini dan menekankan sinergi antara Manta Pacific dan ekosistem Layer 2 yang didukung oleh Polygon ZK.

Dia mencatat bahwa efek jaringan terus tumbuh secara konsisten, menjanjikan akses yang ditingkatkan ke blockspace yang terpadu untuk pengguna.

Pada akhirnya, perubahan ini menunjukkan bahwa Manta Pacific berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan terbaru dalam teknologi blockchain.

Dengan beralih ke Polygon CDK, Manta Pacific berharap dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih efisien kepada penggunanya.

Referensi