Manta Network Luncurkan Token Soulbound dengan Privasi Maksimal!

author:

Manta Network Luncurkan Token Soulbound dengan Privasi Maksimal!

Manta Network, sebuah blockchain layer-1 yang berjalan di Polkadot (DOT), telah bergabung dengan Linea, solusi penskalaan berbasis rollup, untuk menawarkan pengguna token soulbound berbasis zero-knowledge (zkSBT).

Mengingat transparansi inheren dari blockchain terbuka, tim Manta berupaya untuk menangani salah satu masalah utama proyek cryptocurrency saat ini, yaitu privasi.

Menjawab Masalah Privasi Blockchain: Token Zero-Knowledge Soulbound

token soulbound manta network
Decrypt

Di era digital yang semakin transparan ini, isu privasi menjadi penting, terutama dalam lingkungan blockchain. Menanggapi tantangan ini, Manta Network menciptakan token Soulbound berbasis zero-knowledge.

Co-founder Manta Network, Victor Ji, menjelaskan tujuan utama dari inisiatif ini.

“Masalah yang kami coba selesaikan di sini adalah agar verifikasi hanya terbatas pada aktivitas on-chain tertentu, bukan berbagi semua data ke aplikasi,” kata Ji.

Dengan pendekatan ini, pengguna tidak perlu menjalani proses know-your-customer yang kerap kali mengganggu privasi pengguna.

Lebih lanjut, token Soulbound yang dikembangkan oleh Manta Network dirancang untuk memberikan jaminan privasi maksimal kepada pengguna. Ide ini diusulkan oleh salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Menurut konsepnya, token Soulbound berfungsi seperti NFT, tetapi mereka memiliki karakteristik unik. Mereka tidak dapat diperdagangkan dan selalu terikat dengan identitas pemiliknya. Ini membuatnya menjadi alat yang sempurna untuk mengaitkan data atau hak tertentu dengan individu atau entitas tertentu, sambil menjaga privasi.

Baca juga: Camino Network Guncang Industri Pariwisata dengan Teknologi Blockchain dan Web3!

Selain itu, token Soulbound juga memiliki potensi aplikasi yang luas, tidak hanya terbatas pada lingkungan crypto atau blockchain. Misalnya, mereka dapat digunakan untuk catatan medis atau sertifikat, yang bisa jadi sangat berharga dalam banyak situasi, seperti verifikasi kualifikasi atau status kesehatan, sambil memastikan privasi data pengguna.

Melalui pengembangan token Soulbound ini, Manta Network berusaha untuk menjembatani celah antara kebutuhan akan transparansi dan kebutuhan akan privasi dalam era digital.

Peluncuran Token dan Penawaran Privat NFT Manta

Mulai kini, pengguna akan dapat mencetak token zkSBT baru melalui platform NFT Private Offerings (NPO) Manta Network, selama mereka telah menyelesaikan salah satu dari dua kampanye NFT Linea.

Token zkSBT ini akan “menawarkan pengguna cara terdesentralisasi, tanpa kepercayaan, dan pribadi untuk memverifikasi identitas mereka yang sebenarnya tanpa mengorbankan kebocoran informasi atau data tentang aktivitas mereka di blockchain,” kata perusahaan dalam pernyataan mereka.

Lebih lanjut, token inovatif ini akan menggunakan zkPioneer Linea, bersama dengan inovasi unik Manta yang disebut Proof Key, untuk memungkinkan aplikasi Web2 atau Web3 (mobile atau desktop) memverifikasi informasi pengguna tanpa perlu terhubung ke dompet.

Mengenai proyek token Soulbound yang berpusat pada privasi ini, Ji mengatakan,

“Kami berpikir pengguna mobile memiliki pengguna aktif harian terbanyak, tetapi memiliki pengalaman terburuk dalam crypto sekarang, dan kami dapat mengaktifkannya tanpa perlu terhubung ke dompet untuk memverifikasi kredensial mereka di blockchain dan di luar blockchain,” dengan menekankan fokus utama tim adalah socialFi dan GameFi.

Lebih lanjut, Ji menambahkan bahwa risikonya minimal, dan dia mengakui pengguna mungkin memiliki “kebocoran data pribadi” meskipun aset mereka di alamat EVM akan tetap aman.

Pada akhirnya, dengan meluncurkan token Soulbound berbasis zero-knowledge, Manta Network berusaha mewujudkan tujuan tersebut, memajukan langkah privasi di dunia blockchain.

Baca juga: Universitas di Amerika Serikat Mendapatkan Dana Rp297 Miliar untuk Membuat Institut AI

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: