Manta Network Luncurkan “Manta Pacific”, Apakah Itu?

author:

Manta Network Luncurkan “Manta Pacific”, Apakah Itu?

Manta Network, ekosistem berbasis zero-knowledge (ZK), telah meluncurkan layer-2 ekosistem aslinya, yang dikenal sebagai Manta Pacific. Dengan teknologi ini, Manta Network berupaya mengubah cara pengembang mendekati aplikasi berbasis blockchain dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Apa Itu Manta Pacific?

Manta Pacific dibangun dengan menggunakan tumpukan Optimism – OP dan bergantung pada Celestia untuk ketersediaan data. Dibandingkan dengan solusi rollup lainnya, Manta Pacific dirancang khusus untuk aplikasi zk dengan apa yang disebut “Universal Circuits”.

Baca juga: Near Protocol Gandeng Wormhole untuk Komunikasi Berkemampuan Zero-Knowledge Proofs

Aplikasi zero-knowledge menekankan privasi, memungkinkan verifikasi informasi tanpa mengungkapkan detail informasi itu sendiri.

Universal Circuits dirancang oleh Manta untuk memudahkan pengembang Solidity mengaktifkan fitur ZK dengan kode yang terbatas.

Manfaat bagi Pengembang dan Pengguna

manta network di polkadot

Dengan Universal Circuits, pengembang dapat menciptakan solusi pembayaran pribadi untuk platform DeFi dan memverifikasi identitas pengguna untuk aplikasi sosial on-chain.

Dengan memisahkan lapisan ketersediaan data dari lapisan eksekusi dan penyelesaian, jaringan dapat mengurangi biaya gas secara signifikan untuk transaksi on-chain.

Sejak peluncuran testnet bulan lalu, solusi rollup ini telah melihat lebih dari 200.000 dompet dibuat dan memproses lebih dari 3 juta transaksi.

Baca juga: Ethereum Dorong Penggunaan Zero-Knowledge Proof di Tahun 2023!

Masa Depan Manta Network dan Fokus di Asia

Manta Network telah memperkenalkan Universal Circuit pertamanya, zkShuffle, yang memungkinkan pengembang membangun permainan berdasarkan informasi tidak sempurna di blockchain.

Fungsionalitas zkShuffle diperluas ke berbagai varian permainan berbasis informasi tidak sempurna di blockchain, seperti zkHoldem, yang menggunakan teknologi untuk permainan Texas hold ’em on-chain.

Dengan dukungan dari investor dan komunitas, Manta Network berencana memperluas layanannya dengan fokus khusus di Asia, mengingat perdagangan dan permainan adalah industri utama di wilayah tersebut.

Pada akhirnya, melalui peluncuran Manta Pacific, Manta Network menunjukkan komitmennya untuk memimpin inovasi dalam teknologi blockchain. Dengan dukungan dari komunitas dan investor, kita dapat mengantisipasi pertumbuhan dan adopsi yang signifikan dari teknologi ini di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: