Lebih dari 1 Juta Komputer Terinfeksi oleh Malware Canggih yang Menyamar Sebagai Mining Crypto!

Lebih dari 1 Juta Komputer Terinfeksi oleh Malware Canggih yang Menyamar Sebagai Mining Crypto!

Kaspersky, sebuah perusahaan internasional yang berfokus pada keamanan siber dan privasi digital, telah mengidentifikasi sebuah malware canggih yang telah merusak lebih dari satu juta komputer sejak 2017. Malware ini, yang dikenal sebagai “StripedFly”, awalnya dikenali sebagai mining crypto sebelum diketahui sebagai kerangka kerja yang multifungsi dan kompleks. Simak berita lengkapnya berikut ini!

StripedFly: Bukan Hanya Mining Crypto

StripedFly pada awalnya diidentifikasi sebagai mining crypto Monero. Namun, para peneliti menegaskan bahwa modul penambangan adalah elemen penting yang memungkinkan malware ini untuk tetap tidak terdeteksi selama waktu yang cukup lama.

Belum diketahui apakah ini digunakan untuk menghasilkan pendapatan atau untuk melakukan spionase siber.

StripedFly diketahui mengumpulkan berbagai data sensitif dari semua pengguna aktif, termasuk nama pengguna dan kata sandi login situs web, data pengisian otomatis pribadi, dan nama jaringan Wi-Fi yang dikenal beserta kata sandi terkait.

Baca Juga: Industri Mining Crypto AS Luncurkan Digital Energy Council!

StripedFly dan Teknik Penyusupan Seperti EternalBlue

stripedfly
Sumber: Akun X Kaspersky

Asal mula StripedFly masih belum jelas, namun penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa malware ini menggunakan teknik yang serupa dengan eksploitasi ‘SMBv1’ EternalBlue untuk merusak sistem korban. EternalBlue adalah eksploitasi yang bocor pada April 2017 dan terus menjadi ancaman bagi server Windows yang belum diperbaiki.

Eksploitasi ini diciptakan dan digunakan oleh grup peretas NSA yang dikenal sebagai Equation Group. StripedFly pertama kali terdeteksi pada April 2016, setahun sebelum deteksi EternalBlue.

Meskipun telah ada cukup lama, StripedFly telah berhasil mencapai tujuannya dengan berhasil menghindari deteksi selama bertahun-tahun. Banyak perangkat lunak berbahaya yang canggih dan berprofil tinggi telah diselidiki, namun StripedFly ini benar-benar menonjol dan layak mendapatkan perhatian dan pengakuan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: