Revisi Regulasi Cryptonya, Malta Siap Implementasikan MiCA

author:

Revisi Regulasi Cryptonya, Malta Siap Implementasikan MiCA

Sebagai anggota Uni Eropa, Malta sedang mempersiapkan diri untuk implementasi MiCA, regulasi crypto komprehensif pertama di dunia yang akan berlaku di seluruh blok. Dengan perubahan signifikan pada aturan crypto negara ini, Malta berharap untuk transisi yang mulus ke regulasi baru.

Revisi Regulasi Crypto Malta

Otoritas Layanan Keuangan Malta (MFSA) telah memulai konsultasi publik mengenai perubahan dalam regulasi crypto mereka. Konsultasi ini terbuka hingga 29 September 2023 ke depan.

Buku aturan yang direvisi mengusulkan perubahan pada aturan untuk bursa, penyimpanan, dan manajer portofolio agar sejalan dengan MiCA Uni Eropa. Malta pertama kali menetapkan kerangka kerja crypto mereka pada tahun 2018 dengan Aset Keuangan Virtual (VFA).

Beberapa perubahan penting dalam Buku Aturan VFA meliputi penghapusan persyaratan audit sistem untuk pemegang lisensi VFA, penyesuaian persyaratan modal, dan pembaruan persyaratan outsourcing sesuai dengan MiCA.

Baca juga: Resmi! Menteri Keuangan Uni Eropa Menyetujui Regulasi Crypto MiCA

Dampak dari MiCA

penerbit stablecoin ikuti regulasi mica
Boxmining

Dengan berlakunya regulasi MiCA, semua regulasi yang ada di negara-negara anggota EU akan digantikan oleh hukum MiCA universal. Sebagai anggota EU, Malta memiliki dua pilihan: menunggu 18 bulan sebelum hukum MiCA berlaku atau mengubah regulasi yang ada agar sejalan dengan hukum EU universal. Regulator memilih opsi kedua.

Dalam wawancara pada Oktober tahun lalu, regulator menyatakan bahwa modifikasi awal pada regulasi kripto mereka akan membantu pemegang lisensi VFA beralih ke hukum berbasis MiCA dan mendapatkan lisensi EU.

Dengan perubahan ini, Malta menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa industri crypto di negara ini tetap kompetitif dan sejalan dengan standar internasional. Dengan MiCA di cakrawala, Malta berada di garis depan adaptasi dan inovasi dalam era baru regulasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: