MakerDAO Mengusulkan Rantai Asli Baru Berdasarkan Fork Solana (SOL), Ini Alasannya!

author:

MakerDAO Mengusulkan Rantai Asli Baru Berdasarkan Fork Solana (SOL), Ini Alasannya!

Dalam langkah yang mengejutkan dunia crypto, Rune Christensen, salah satu pendiri MakerDAO, mengusulkan pembuatan blockchain khusus untuk MakerDAO yang berdasarkan kode dasar Solana. Keputusan ini datang sebagai bagian dari fase kelima dari rencana jangka panjang “Endgame” MakerDAO.

Rencana ‘Endgame’ dan Peran ‘NewChain’

rantai baru makerdao fork solana
Sumber: Binance

Rencana “Endgame” MakerDAO, yang diumumkan pada Mei 2022, adalah peta jalan jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola MakerDAO dan membuat protokol menjadi lebih mandiri.

Baca juga: Vitalik Buterin Menjual 500 Token MKR Miliknya, Ada Apa?

Fase kelima dari “Endgame” melibatkan peluncuran “NewChain”, sebuah blockchain terpisah yang akan mendukung alat-alat backend MakerDAO sambil berinteraksi dengan Ethereum melalui jembatan canggih.

Lebih lanjut, “NewChain” diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi ekosistem MakerDAO.

Alasan Memilih Solana sebagai Dasar ‘NewChain’

Rune Christensen – Sumber: Decrypt

Christensen menyoroti tiga alasan utama mengapa Solana dianggap sebagai kode dasar yang paling menjanjikan untuk “NewChain”. Pertama, dia menekankan kualitas teknis dari kode dasar Solana yang dioptimalkan untuk blockchain yang efisien.

Kedua, ekosistem Solana telah menunjukkan ketahanannya, terutama setelah melewati tantangan seperti “FTX blowup”. Ini menunjukkan bahwa ekosistem Solana kemungkinan akan bertahan dalam jangka panjang, dengan komunitas pengembang yang berkembang pesat.

Ketiga, sudah ada contoh di mana kode dasar Solana berhasil difork dan diadaptasi untuk berfungsi sebagai appchains, seperti proyek Pyth.

Baca juga: Pendapatan MakerDao dan Pasokan Stablecoin DAI Meningkat Hampir $1 Miliar, Ada Apa?

Implikasi dan Tanggapan Komunitas

Meskipun Solana menawarkan banyak keuntungan, keputusan untuk mempertimbangkannya sebagai dasar untuk “NewChain” telah menimbulkan berbagai tanggapan di komunitas crypto.

Beberapa pertanyaan muncul mengenai alasan memilih Solana daripada Ethereum Virtual Machine (EVM), mengingat hubungan historis MakerDAO dengan Ethereum. Namun, Christensen menekankan bahwa sementara EVM penting untuk pengembangan berbasis pengguna, “NewChain” memerlukan solusi backend yang lebih spesifik dan efisien.

Secara keseluruhan, keputusan untuk mempertimbangkan Solana sebagai dasar untuk “NewChain” menyoroti adaptabilitas dan inovasi yang terus berlangsung di dunia crypto. Bagaimana hal ini akan mempengaruhi masa depan MakerDAO dan ekosistem crypto secara keseluruhan masih harus dilihat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: