MakerDAO Berlakukan Penyesuaian Biaya Darurat untuk Menjaga Stabilitas DAI

MakerDAO Berlakukan Penyesuaian Biaya Darurat untuk Menjaga Stabilitas DAI

MakerDAO, organisasi di balik stablecoin DAI, baru saja menyetujui “Pemungutan Suara Eksekutif” untuk memperkenalkan penyesuaian biaya sementara guna memperkuat protokol. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap volatilitas pasar yang meningkat dan sentimen bullish yang mengakibatkan penurunan cadangan untuk stablecoin DAI. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Latar Belakang Penyesuaian Biaya

Penyesuaian biaya ini merupakan respons terhadap penurunan cepat pasokan DAI dari $5 miliar menjadi $4,4 miliar dalam tujuh hari terakhir. Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh kondisi pasar kripto yang bergejolak, dengan peningkatan suku bunga, dan pengguna yang membuat dan kemudian menjual DAI untuk aset yang berbeda.

MakerDAO bermaksud untuk mempercepat proses persetujuan untuk tindakan stabilitas stablecoin jika pengguna memilih untuk menebus sebagian dari $1,1 miliar aset dunia nyata (RWA) yang tersedia pada protokol. Meskipun DAI dijaminkan secara berlebihan, penggunaan kendaraan RWA sebagai jaminan menimbulkan potensi masalah likuiditas jika penjualan DAI terus berlanjut.

Baca Juga: MakerDAO Luncurkan Spark Protocol, Revolusi Pinjaman DeFi untuk Pengguna DAI!

Penyesuaian Biaya yang Dilakukan

penyesuaian biaya makerdao
Tangkapan layar pengumuman pemungutan suara eksekutif MakerDAO di X. Sumber: MakerDAO

Penyesuaian yang dilakukan meliputi peningkatan biaya stabilitas pada berbagai aset agunan yang terdaftar di platform dari 15% menjadi 17,25%. Selain itu, MakerDAO berencana untuk meningkatkan persentase hasil tahunan Pinjaman DAI SparkLend dari 6,7% saat ini menjadi 16%. Rangkaian perubahan tersebut disetujui untuk mulai berlaku mulai 10 Maret pukul 19:55 UTC.

MakerDAO juga berencana untuk menyesuaikan PSM untuk memberikan pendinginan bagi peningkatan batas utang dari 24 menjadi 12 jam. Langkah lain yang akan diterapkan termasuk peningkatan Suku Bunga Tabungan Dai menjadi 15% dan Penundaan Jeda Modul Keamanan Tata Kelola dari 48 jam menjadi 16 jam untuk implementasi penyesuaian di masa mendatang yang lebih cepat.

Baca Juga: Dominasi Maker (MKR) dalam Volume Transaksi: Tantangan Baru di Dunia Aset Nyata DeFi!

Kekhawatiran dan Tanggapan Komunitas

Meskipun penyesuaian ini bersifat sementara, tidak ada proses otomatis untuk mengembalikan biaya. GFX Labs, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan blockchain, menyatakan di halaman diskusi proposal bahwa perubahan tersebut berada di arah yang benar tetapi menimbulkan kekhawatiran tentang besarnya perubahan, karena takut akan potensi dislokasi dan gangguan pasar.

Namun, anggota komunitas lainnya telah menunjukkan dukungan mereka terhadap perubahan yang diusulkan. JanSky, Fasilitator Tata Kelola Cadangan, mengakui legitimasi proposal tersebut dan mengatakan bahwa tim “sedang berupaya menerapkan rekomendasi ini dan akan memberikan pembaruan segera setelah tersedia.” Tim Ekosistem Fasilitator Stabilitas juga menyetujui Proposal Dipercepat untuk pemungutan suara eksekutif.

Kesimpulan

Penyesuaian biaya sementara yang dilakukan oleh MakerDAO bertujuan untuk menjaga stabilitas DAI di tengah volatilitas pasar yang meningkat. Meskipun ada beberapa kekhawatiran tentang besarnya perubahan, sebagian besar komunitas mendukung langkah-langkah ini sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi protokol dan penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi