FOMO, MakerDAO Ikut Terjun Mengadopsi AI, Begini Rencananya!

author:

FOMO, MakerDAO Ikut Terjun Mengadopsi AI, Begini Rencananya!

MakerDAO, platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) populer, baru saja merilis roadmap atau peta jalan dalam lima tahap yang berfokus pada pembangunan lebih lanjut dan pengadopsian teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam operasinya.

Pembaruan penting ini diperkenalkan sebagai upaya untuk mempertahankan keberlanjutan dan pertumbuhan platform dalam jangka panjang. Kira-kira, seperti apa roadmap yang dibagikan oleh MakerDAO?

MakerDAO Ungkap 5 Tahadap dari Endgame

makerdao endgame
Twitter

Per 12 Mei 2023, akun Twitter MakerDAO membagikan sebuah cuitan mengenai Endgame, yakni sebuah roadmap baru yang berisikan 5 tahap atau fase.

Fase atau tahapan pertama dari Endgame akan dimulai dengan peningkatan untuk menyatukan merek organisasi. Sementara itu, berdasarkan posting forum resmi yang ditulis oleh salah satu pendiri MakerDAO, Rune Christensen, fase pertama Endgame akan melibatkan “rebranding penuh” untuk menyatukan merek Dai dan Maker.

Ke depannya, “peluncuran produk utama Endgame” akan mencakup peluncuran enam “Maker SubDAO” dan peternakan token NewStable yang menyertainya.

Fase ketiga dari peta jalan ini adalah tentang AI. MakerDAO bermaksud untuk meluncurkan beberapa alat AI internal untuk mengoptimalkan tugas-tugas tata kelola seperti pemantauan dan silo data.

Fase keempat dari Endgame akan melibatkan pengembangan program insentif untuk penghuni ekosistem yang disebut “Insentif Partisipasi Tata Kelola.” Program ini akan melibatkan gamifikasi dan hadiah untuk mendorong interaksi di platform MakerDAO.

Baca juga: Baru! Federal Reserve AS Integrasikan FedNow dengan Metal Blockchain untuk Pembayaran Instan

Dan yang terakhir, organisasi ini bermaksud untuk membuat blockchain eksklusif yang saat ini disebut sebagai “NewChain.” Alih-alih menggantikan blockchain Ethereum yang saat ini menopang platform MakerDAO, NewChain akan menjembatani.

Rencana Jangka Panjang MakerDAO: Integrasi AI dalam Tata Kelola

Dalam upayanya untuk meraih efisiensi dan transparansi yang lebih baik dalam operasional, MakerDAO berencana mengadopsi teknologi AI dalam proses tata kelola mereka. Penggunaan AI ini dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih akurat dan tepat waktu, yang berpotensi membantu platform untuk merespons lebih cepat terhadap perubahan pasar dan tren baru.

Selain itu, integrasi AI juga diharapkan dapat membantu dalam memonitor transaksi dan aktivitas di dalam platform, yang kemudian dapat digunakan untuk memprediksi dan mencegah potensi risiko keuangan. Dengan demikian, MakerDAO berharap dapat mempertahankan stabilitas dan keandalan platform, dua aspek penting yang menjadi tolak ukur kepercayaan pengguna.

Pada tahap lanjutan, MakerDAO juga berencana menggunakan AI untuk mengotomatiskan sejumlah besar proses internal dan operasi tata kelola. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, pengoptimalan penyetelan parameter jaringan, pemantauan kondisi pasar secara real-time, dan analisis risiko pinjaman.

Memperkuat Keuangan Terdesentralisasi & Fokus pada Proyek Sumber Terbuka

Selain integrasi AI, MakerDAO juga fokus pada pendanaan dan pengembangan lebih lanjut dari proyek sumber terbuka. Langkah ini dirancang untuk mempromosikan inovasi dalam ekosistem DeFi dan memperkuat posisi MakerDAO sebagai pemimpin dalam ruang ini.

Baca juga: Peneliti di Singapura Merancang Skema DAO yang Lebih Efisien, Kira-kira Gimana?

Dengan mendukung proyek sumber terbuka, MakerDAO bertujuan untuk mendorong transparansi dan kolaborasi, dua nilai inti yang telah menjadi bagian integral dari filosofi platform sejak awal.


Referensi: