Maker Protocol Raup Pendapatan Sebesar $14 Juta, Ethereum Meroket!

author:

Maker Protocol Raup Pendapatan Sebesar $14 Juta, Ethereum Meroket!

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, Maker Protocol baru-baru ini mencuri perhatian dengan pendapatan mengesankan sebesar $14 juta, menempatkannya di puncak daftar protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan pendapatan tertinggi bulan ini.

Keberhasilan ini datang meskipun terjadi penurunan dalam Total Value Locked (TVL) mereka, menandakan ketahanan dan efektivitas strategi yang diadopsi oleh Maker Protocol dalam ekosistem DeFi yang terus berkembang.

Dominasi Maker dalam Pendapatan DeFi

pendapatan maker protocol
Pendapatan protokol Defi – 30 Januari 2024 | Sumber: Defi Llama

Maker Protocol, dengan pendapatan $14,22 juta dalam 30 hari terakhir, menonjol sebagai pemimpin tak terbantahkan dalam generasi pendapatan di antara protokol DeFi.

Baca juga: Dominasi Maker (MKR) dalam Volume Transaksi: Tantangan Baru di Dunia Aset Nyata DeFi!

Meskipun mengalami penurunan TVL sebesar 6,3%, turun menjadi $7,98 miliar, Maker berhasil mempertahankan posisinya sebagai pusat kekuatan pendapatan di DeFi.

Lido Finance, meskipun memiliki TVL yang substansial sebesar $21,8 miliar, hanya menghasilkan pendapatan sebesar $7,11 juta, setengah dari yang dihasilkan oleh Maker.

Perbedaan ini menyoroti efisiensi Maker dalam mengubah TVL menjadi pendapatan yang nyata, sebuah prestasi yang tidak banyak dicapai oleh protokol DeFi lainnya.

Kinerja Pendapatan Protokol Lain

MetaMask dan Aave juga mencatatkan diri dalam daftar pendapatan, dengan MetaMask menghasilkan $6,37 juta dan Aave $5,94 juta.

Namun, MetaMask mengalami penurunan drastis dalam rata-rata biaya bulanan sebesar 89,5% pada bulan Januari, menimbulkan pertanyaan tentang volatilitas pendapatannya.

Aave, dengan kenaikan TVL sebesar 0,16% menjadi $6,91 miliar, menunjukkan bahwa peningkatan TVL yang moderat masih dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan. Usulan Aave Labs untuk mengintegrasikan stablecoin GHO ke berbagai blockchain dapat meningkatkan utilitas dan likuiditas Aave di masa depan.

Baca juga: TD Cowen Memperkirakan ETF Ethereum Spot akan Disetujui Pada Akhir 2025 atau Awal 2026

Ethereum: Raja Pendapatan Blockchain

lonjakan alamat aktif ethereum

Meskipun protokol DeFi individu menunjukkan angka pendapatan yang mengesankan, Ethereum tetap mendominasi dengan pendapatan $171,52 juta dalam 30 hari terakhir. Ini menandai peningkatan 43,1% dibandingkan dengan rata-rata pendapatan bulanan Ethereum selama setahun terakhir, menegaskan kembali dominasinya dalam ekosistem DeFi.

Seluruh lanskap DeFi juga menunjukkan tren positif, dengan TVL global DeFi meningkat dari $54 miliar pada 23 Januari menjadi $58 miliar saat ini.

Peningkatan ini terjadi saat pasar crypto mulai menguat kembali setelah penurunan selama dua minggu yang dipicu oleh persetujuan ETF Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: