Bermain Game Klasik Super Nintendo dengan Bitcoin? Begini Caranya!

Bermain Game Klasik Super Nintendo dengan Bitcoin? Begini Caranya!

Dunia crypto kembali membawa kejutan dengan memungkinkan penggemar game klasik untuk bernostalgia dengan bermain game Super Nintendo langsung di blockchain Bitcoin. Berkat protokol Ordinals, lebih dari 50 juta bit media telah terukir di blockchain Bitcoin dalam setahun terakhir, termasuk karya seni, gambar profil, dan ya, bahkan game yang dapat dimainkan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Era Baru Gaming di Blockchain

Protokol Ordinals memungkinkan pengguna untuk mengukir game dan aplikasi langsung ke dalam rantai, menjaga mereka tetap ada selama jaringan terdesentralisasi berfungsi. Bagi sebagian orang, ini merupakan cara untuk memastikan game klasik bertahan di era di mana game digital sering dihapus dan sulit diakses. Bagi yang lain, ini hanya dianggap keren atau lucu.

Meskipun game web berbasis ini bukanlah port resmi dari pengembang asli, ada beberapa versi yang cukup baik di antaranya. Berikut adalah beberapa game yang layak untuk dicoba.

Baca Juga: Fluidkey Luncurkan Proyek untuk Atasi Masalah Privasi di EVM

Super Nintendo Digital

Salah satu opsi terbaru dan mungkin paling luas adalah konsol video game klasik secara keseluruhan—setidaknya, rekreasi digitalnya. Proyek Bitcoin Ordinals yang disebut Pizza Ninja dari tim di balik aplikasi Ninjalerts mengumumkan pada Januari 2024 bahwa mereka telah mengukir emulator Super Nintendo yang disesuaikan ke dalam Bitcoin.

Orang-orang yang membeli aset Pizza Ninja yang akan datang di Ordinals dapat menggunakan emulator ini, yang secara legal dapat digunakan untuk memainkan game domain publik atau game yang dimiliki pengguna melalui salinan digital yang disebut ROM. Video YouTube di atas menunjukkan demo singkat tentang cara kerjanya.

Nintendo 64 di Blockchain

Setelah mengukir emulator Super Nintendo, tim Ninjalerts menggunakan teknologi kompresi Ordinals yang lebih baru untuk memasukkan emulator untuk konsol Nintendo 64 yang lebih kuat ke dalam Bitcoin.

Seperti halnya SNES, pemilik gambar profil Pizza Ninja (PFP) akan dapat mengakses versi on-chain dari konsol yang diemulasikan, tetapi harus menyediakan salinan game digital mereka sendiri untuk bermain.

Baca Juga: Coinbase Bantah Rumor: Tak Ada Larangan Pemerintah Nigeria Gunakan Platform Crypto

Pac-Man dan Tetris di Bitcoin

bitcoin pacman
Sumber: Decrypt

Dalam hal game yang sepenuhnya mandiri dan terukir di Bitcoin, sulit untuk mengalahkan Pac-Man. Versi ini, dicetak sebagai inskripsi Ordinals #189,058 pada Februari 2023, menawarkan rekreasi yang cukup murni dari hit arcade asli, bersama dengan sekuel Ms. Pac-Man dan versi Cookie-Man yang tidak resmi yang terinspirasi oleh ikon “Sesame Street” Cookie Monster.

Tetris, yang secara luas dianggap sebagai video game yang hampir sempurna, telah menarik para gamer selama beberapa dekade dengan keseimbangan mekanik sederhana dan kecepatan yang menantang saat meningkat. Dan sekarang kamu bisa memainkan Tetris di Bitcoin melalui inskripsi Ordinals #35,043,603. Ini hampir sama dengan aslinya, meskipun dengan satu bagian baru yang aneh dengan enam blok.

Kesimpulan

Dengan kemampuan untuk memainkan game klasik seperti Super Nintendo dan Tetris langsung di blockchain Bitcoin, dunia crypto dan gaming klasik bertemu dalam harmoni yang unik. Ini membuka jalan bagi preservasi digital game klasik dan memberikan cara baru bagi penggemar untuk menikmati nostalgia masa lalu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: