Yuga Labs dan Magic Eden Luncurkan Marketplace NFT Ethereum yang Wajib Bayar Royalti, Apa Dampaknya Bagi Trader?

Yuga Labs dan Magic Eden Luncurkan Marketplace NFT Ethereum yang Wajib Bayar Royalti, Apa Dampaknya Bagi Trader?

Magic Eden, marketplace NFT berbasis Solana, berkolaborasi dengan Yuga Labs, kreator Bored Ape Yacht Club, untuk meluncurkan marketplace baru untuk NFT Ethereum yang menghormati royalti kreator. Marketplace ini dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir tahun ini dan disebut sebagai kontrak pasar ETH utama pertama yang secara kontraktual wajib menghormati royalti kreator. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Marketplace Baru yang Menghormati Royalti Kreator

marketplace nft magic eden
Sumber: Cryptoslate

Magic Eden dan Yuga Labs berjanji untuk menghormati royalti kreator dalam penjualan NFT mereka. Jack Lu, CEO dan pendiri Magic Eden, mengatakan bahwa marketplace Ethereum yang direnovasi Magic Eden akan menggunakan smart contract baru dengan inovasi teknis yang menjamin pembayaran royalti selama penjualan pasar sekunder.

Lu juga menegaskan bahwa standar token non-fungible (NFT) Ethereum ERC-721 akan digunakan. NFT yang dicetak dengan “properti kontrak pasar” tertentu akan memiliki royalti yang diberlakukan. Perubahan ini tidak akan mempengaruhi cara trader berinteraksi dengan Magic Eden.

Baca Juga: Magic Eden dan Helio Luncurkan Platform Pre-Sales Multi-Chain untuk Kreator NFT

Kontroversi Royalti Kreator

Royalti kreator adalah biaya kecil yang ditetapkan oleh seniman atau perusahaan di balik proyek dan diambil dari harga jual dari penjualan lanjutan NFT. Biaya ini biasanya berkisar antara 2,5% dan 10% dari harga jual, dan biaya semacam ini awalnya dihormati oleh marketplace sebagai cara bagi kreator untuk mendapatkan manfaat jangka panjang dari ciptaan token mereka.

Namun, pada paruh kedua 2022, dengan penjualan NFT meredup, beberapa marketplace baru mulai menggunakan cara pintas untuk membiarkan trader melewati biaya kreator ini, atau membayar jumlah yang lebih kecil.

Pemain besar kemudian mengikuti jejak mereka untuk tetap bersaing, dan marketplace terkemuka OpenSea akhirnya memutuskan untuk berhenti memberlakukan royalti pada Agustus lalu setelah sebelumnya berkomitmen untuk menghormati biaya tersebut.

Baca Juga: Magic Eden Menjanjikan ‘Dana Pencipta’ $1 Juta untuk Mendukung NFT Polygon

Dampak Bagi Trader

Daniel Alegre, CEO Yuga Labs, mengatakan bahwa pendekatan mereka untuk mendukung marketplace yang memberlakukan royalti akan berhasil, dan Magic Eden akan bekerja untuk mengatasi kekurangan teknologi setelah diluncurkan.

Namun, dia juga mengakui bahwa Yuga memiliki cara lain untuk mendorong trader menggunakan marketplace semacam itu: menahan manfaat masa depan bagi mereka yang membeli NFT di tempat lain.

Dengan peluncuran marketplace baru ini, Magic Eden dan Yuga Labs berharap dapat memberikan perlindungan lebih bagi kreator konten dan seniman di dunia crypto. Dengan menghormati royalti kreator, mereka berharap dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut dalam industri NFT.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: