Revolusi NFT: Magic Eden Gandeng Solana untuk Tawarkan cNFT yang Lebih Terjangkau!

author:

Revolusi NFT: Magic Eden Gandeng Solana untuk Tawarkan cNFT yang Lebih Terjangkau!

Dalam upaya untuk membuat koleksi digital lebih terjangkau dan efisien, Magic Eden, sebuah pasar NFT ternama, telah mengumumkan dukungannya untuk cNFT (compressed NFT) dari Solana. Langkah ini diharapkan dapat memberikan alternatif yang lebih hemat biaya dan scalable bagi para kolektor dan pencipta konten digital.

Keunggulan cNFT Dibandingkan NFT Biasa

cnft magic eden
Sumber: Twitter

Berbeda dengan NFT Solana biasa, data pada cNFT dikompresi dan disimpan di luar blockchain (off-chain). Hal ini membuat produksi dalam jumlah besar menjadi lebih layak karena memerlukan biaya penciptaan yang lebih rendah.

Baca juga: Magic Eden Menjanjikan ‘Dana Pencipta’ $1 Juta untuk Mendukung NFT Polygon

Menurut Magic Eden, jenis NFT ini sangat ideal untuk menciptakan koleksi massal di berbagai industri seperti game, musik, acara, dan Metaverse. Dengan biaya yang lebih rendah, para pencipta dapat menjangkau audiens yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

Lebih lanjut, dengan biaya produksi yang lebih rendah, diharapkan dapat meningkatkan adopsi dan menjadi titik akses yang mudah bagi orang baru yang ingin mencoba mengoleksi NFT.

Teknologi di Balik cNFT

cnft magic eden
Sumber: Blockworks

cNFT didukung oleh teknologi kompresi state dari Solana, yang memungkinkan penciptaan hingga 1 juta NFT hanya dengan biaya sekitar $110. Jika dibandingkan dengan biaya penciptaan NFT di Ethereum, yang bisa berkisar dari $2,9 hingga lebih dari $30 per NFT, biaya untuk cNFT jauh lebih rendah.

Meskipun menyimpan NFT di luar blockchain memiliki beberapa keuntungan, juga ada tantangannya. Pada tahun 2022, beberapa NFT yang diciptakan di bursa crypto FTX mengalami masalah dan menampilkan gambar kosong ketika bursa tersebut bangkrut.

Baca juga: Menggali Sejarah dengan NFT, Joy Division Luncurkan NFT dengan Sample Vokal Ian Curtis!

Dampak dan Masa Depan cNFT

Dengan integrasi cNFT ke dalam platform Magic Eden, diharapkan akan ada revolusi dalam industri NFT. Dengan alternatif yang lebih hemat biaya dan scalable, platform ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pencipta dan kolektor.

Meskipun penyimpanan cNFT di luar blockchain memiliki beberapa tantangan, dampak keseluruhan dari inovasi ini bisa sangat transformatif, berpotensi mendorong adopsi yang lebih besar dan diversifikasi di pasar NFT.

Secara keseluruhan, Magic Eden telah menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi komunitas NFT. Dengan dukungan untuk cNFT dari Solana, diharapkan dunia koleksi digital akan menjadi lebih inklusif, terjangkau, dan beragam di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: