Keren, L’Oréal dan Meta Akan Luncurkan Program Akselerator Startup Metaverse!

Keren, L’Oréal dan Meta Akan Luncurkan Program Akselerator Startup Metaverse!

L’Oréal, Meta, dan business school Prancis HEC Paris berkolaborasi untuk meluncurkan program akselerasi startup yang didedikasikan untuk kreativitas di Metaverse. Seperti apa program akselerator startup Metaverse ini nantinya? Simak selengkapnya berikut ini!

Akselerator Startup Metaverse Akan Berlangsung Pada 2023

Program ini nantinya akan mendukung setidaknya lima startup yang berfokus dalam produksi 3D, Augmented Reality (AR), virtual reality (VR), mixed reality, pembuatan avatar, portabilitas dalam user experience (pengalaman pengguna), token economy atau lainnya yang terkait dengan Metaverse dan Web3.

Nantinya program akselerator startup Metaverse ini akan ditempatkan di Meta space di dalam Stasiun F, di arondisemen ke-13 Paris. Pendaftarannya dibuka hingga 20 November 2022. Juri yang terlibat nantinya terdiri dari anggota Meta, L’Oréal dan HEC. Lalu, para pengusaha dan investor akan memilih startup di bulan Desember.

Kolaborasi ini akan berlangsung dari bulan Januari 2023 hingga Juni 2023. Para pelamar yang berhasil terpilih akan mendapatkan tawaran bimbingan dan akses langsung ke pakar dan investor.

Baca Juga: 5 Artis Kenamaan Dunia Selenggarakan Konser di Metaverse!

Manfaat Program Akselerator Startup Metaverse Untuk L’Oréal dan Meta

Akselerator Startup Metaverse Akan Berlangsung Pada 2023
freepik.com

“Program Ini nantinya akan menyatukan banyak talenta muda. Mereka adalah masa depan. Bayangkan energi kreatif yang sangat besar yang akan mereka hasilkan,” ucap Chief Digital and Marketing Officer L’Oréal, Asmita Dubey, dikutip dari Vogue Business, Senin (24/10/2022).

Selain itu, Dubey juga menyampaikan mengenai manfaat yang akan mereka dapatkan dari program tersebut. Manfaat yang akan mereka dapatkan nantinya adalah mereka dapat menggunakan kreativitas itu untuk DMI (arah pemasaran internasional) dan juga untuk brand mereka.

Meskipun akan menjalankan program ini, L’Oréal juga akan tetap berkomitmen pada Web3. Beberapa brand andalan mereka, termasuk YSL Beauty, Lancome, Mugler, Armani Beauty, dan NYX Professional Makeup telah memperkenalkan serangkaian inisiatif Web3.

Tak hanya berdampak positif untuk L’Oréal, program akselerator startup Metaverse ini juga mendapatkan respon positif dari Meta. “Kami bangga dapat mengasosiasikan diri kami dengan L’Oréal melalui proyek ini, yang bertujuan untuk mendukung ekosistem startup Prancis yang akan memiliki peran dalam membangun komunitas bersama, yakni metaverse yang kreatif dan inklusif,” ujar Wakil Presiden Meta Eropa Selatan, Laurent Solly, dikutip dari Vogue Business, Senin (24/10/2022).

Brand Mewah Lain Juga Mengadopsi Web3 dan Metaverse

Berbaga brand mewah, termasuk brand kosmetik ternama pun terus berinvestasi di bidang crypto melalui proyek-proyek baru mereka.

Dikutip dari Vogue Business, pada hari Senin lalu, brand koper mewah milik LVMH Rimowa, mengumumkan partnership baru dengan startup mode digital Rtfkt, yang dimiliki oleh Nike. Tak hanya itu, pada minggu lalu, Farfetch juga meluncurkan delapan startup yang dipilih untuk akseleratornya sendiri, yang mana dirancang untuk membantu skala industri mode mewah dalam teknologi Web3 dan metaverse.

**Baca Juga: Vogue Bangun Komunitas Web3 Fashion Metaverse Pertama di Dunia!

L’Oréal dan Meta Juga Mengakuisisi Modiface Pada 2018 Silam

L'Oréal dan Meta Juga Mengakuisisi Modiface Pada 2018 Silam
cosmeticsbusiness.com

Pada tahun 2018 silam, L’Oréal mengakuisisi perusahaan kecantikan AR, yang bernama Modiface. Lalu, pada tahun 2021, L’Oréal dan Meta (saat itu Facebook) mengumumkan integrasi platform yang menggunakan Modiface untuk menghadirkan uji coba riasan dengan bantuan AR ke Instagram.

“Kami yakin bahwa akuisisi Modiface merupakan keunggulan kompetitif ketika kami memasuki Web3 dan metaverse,” ucap Camille Kroely, Kepala Metaverse dan petugas Web3, dikutip dari Vogue Business, Senin (24/10/2022). Selain itu, Dubey juga mengatakan bahwa kecantikan dan riasan AR akan berkembang setiap harinya karena akan semakin banyak konsumen yang menggunakan.

Referensi:

Vogue Business. L’Oréal and Meta launch metaverse startup accelerator. Diakses tanggal: 25 – 10 – 2022

NFT Gators. L’Oreal, Meta and HEC Paris Team Up to Launch Metaverse Startup Accelerator. Diakses tanggal: 25 – 10 – 2022

The Metaverse Insider. World’s Largest Cosmetics Company L’Oréal Teams up With Meta to Launch Startup Accelerator For The Metaverse. Diakses tanggal: 25 – 10 – 2022