Lonjakan 32% Volume Perdagangan NFT di Bulan Oktober 2023, Apakah Ini Tanda Kebangkitan Pasar?

author:

Lonjakan 32% Volume Perdagangan NFT di Bulan Oktober 2023, Apakah Ini Tanda Kebangkitan Pasar?

Setelah beberapa bulan mengalami penurunan, pasar NFT (Non-Fungible Token) menunjukkan pertumbuhan signifikan di bulan Oktober 2023. Data terbaru dari DappRadar menunjukkan bahwa volume perdagangan NFT meningkat sebesar $99 juta dibandingkan bulan sebelumnya. Apakah ini pertanda kebangkitan pasar NFT?

Volume Perdagangan NFT Melonjak 32%

lonjakan nft oktober 2023
Sumber: DappRadar

Menurut laporan yang dirilis oleh DappRadar, tren penurunan volume perdagangan NFT selama setahun terakhir telah berhasil dipatahkan. Volume perdagangan NFT meningkat 32% dari $306 juta di bulan September menjadi $405 juta di bulan Oktober 2023.

Baca juga: Inovasi Tanpa Batas, OpenSea Pro Gandeng Polygon untuk Hadirkan Revolusi NFT!

Angka ini adalah tingkat penjualan yang belum terlihat sejak Agustus. NFT adalah token digital unik yang mewakili kepemilikan suatu item, seringkali berupa seni digital. Meski pasar NFT sempat menggelembung pada 2021 dan awal 2022, tahun ini cukup sulit bagi banyak proyek gambar profil (PFP) sejauh ini.

Solana dan Ethereum Memimpin Pertumbuhan

NFT Ethereum Kalahkan Solana

Lebih lanjut, laporan DappRadar menyoroti Solana sebagai jaringan yang menunjukkan pertumbuhan signifikan. Volume perdagangan NFT di layer-1 yang cepat ini tumbuh 15% dari $24 juta menjadi $27,6 juta.

Sementara itu, harga Solana sendiri melonjak 65% pada Oktober 2023, naik dari $23 menjadi sekitar $38. Di sisi lain, Ethereum, koin crypto terbesar kedua, tetap memimpin dengan lonjakan 50% volume perdagangan NFT di berbagai blockchain yang mendukung kelas token ini.

“Meskipun ada pertumbuhan di Ethereum, chain lain mengalami penurunan volume penjualan yang signifikan. Polygon, Starkware, dan Flow mengalami penurunan volume penjualan masing-masing sebesar 48%, 42%, dan 32%,” tambah laporan tersebut.

Saat perdagangan NFT mendapatkan momentum di bulan Oktober, harga dasar proyek PFP populer juga mengalami peningkatan.

Misalnya, harga dasar NFT dari Bored Ape Yacht Club naik dari Ethereum senilai $40.000 menjadi sekitar $55.000.

Baca juga: OpenSea Bersiap untuk OpenSea 2.0 dengan Pemangkasan 50% Tenaga Kerja

Penurunan Jumlah NFT yang Terjual

Meski nilai perdagangan meningkat, jumlah total NFT yang terjual pada Oktober turun 5%, dari 3,58 juta di bulan September menjadi 3,4 juta bulan lalu.

Namun, penurunan ini tidak separah ketika penjualan NFT turun sebanyak 290.000 pada Agustus. Meski demikian, $405 juta volume perdagangan NFT sepanjang Oktober masih jauh dibandingkan dengan $2 miliar JPEG yang diperdagangkan pada Maret.

Meski penjualan NFT terus merosot bulan lalu, lonjakan volume perdagangan ini mungkin menjadi tanda-tanda kebangkitan pasar NFT. Meski begitu, hanya waktu yang akan menentukan apakah ini adalah awal dari tren positif atau hanya lonjakan sementara.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.