Laporan: Volume ETP Crypto Melonjak 91%!

author:

Laporan: Volume ETP Crypto Melonjak 91%!

Pasar crypto global mengalami lonjakan signifikan pada tahun 2023. Pasalnya, produk bursa diperdagangkan (ETP) berbasis crypto mencatat peningkatan yang luar biasa, bahkan melampaui pertumbuhan aset dasar, menurut laporan dari platform aset digital Fineqia.

Lonjakan ETP Crypto dan Pertumbuhan Aset Dasar

ETP berbasis crypto yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti 21Shares, Grayscale dan CoinShares mencatat peningkatan 91% dalam total aset yang dikelola (AUM) dari 1 Januari hingga 31 Oktober 2023, menurut laporan Fineqia. Lonjakan ini melampaui pertumbuhan aset digital dasar sebesar 30%, karena cryptocurrency memiliki pertumbuhan yang relatif lebih lambat sekitar 70% selama periode yang sama.

Baca juga: Rekor Baru! Pengeluaran Lobby Industri Crypto di AS Capai $20 Juta di 2023

Studi Fineqia mencakup total 168 ETP crypto yang saat ini diterbitkan, berdasarkan data ETP AUM dari sumber seperti 21Shares, Grayscale Investment, VanEck Associates dan lainnya.

“Penelitian ini mencakup semua produk yang dikeluarkan oleh 21Shares, Grayscale, CoinShares, ETC Group, VanEck, WisdomTree dan penerbit lainnya,” kata juru bicara Fineqia kepada Cointelegraph.

Menurut analis riset Fineqia, Matteo Greco, data yang ada diperbarui setiap hari kerja pertama setiap bulan; oleh karena itu, data tersebut menunjukkan data pada akhir bulan sebelumnya. Lebih lanjut, Greco menambahkan bahwa data dikumpulkan dari sumber-sumber resmi dan jika tidak tersedia di situs-situs web emiten, maka data didapatkan dari agregator data.

“Semua data disimpan ke dalam spreadsheet dan ditumpuk setiap bulan mulai dari Agustus 2022,” kata analis tersebut.

Bitcoin Dominasi Pasar ETP Crypto

Selanjutnya, Fineqia mengaitkan perbedaan antara lonjakan AUM ETP crypto dan lonjakan pasar crypto dengan proporsi Bitcoin (BTC) yang lebih besar dalam ETP aset digital dibandingkan dengan bagian di pasar secara keseluruhan.

Menurut studi tersebut, Bitcoin mencakup 75% dari total AUM ETP crypto. Di sisi lain, bagian Bitcoin dari pasar crypto telah sekitar 50% selama setahun terakhir, menurut data dari CoinGecko.

harga bitcoin 2023
Grafik harga Bitcoin dari 1 Januari hingga 31 Oktober 2023. Sumber: CoinGecko

Pada saat yang sama, Bitcoin telah menjadi salah satu pemenang terbesar di pasar crypto, melonjak 104% selama periode dari 1 Januari hingga 31 Oktober 2023. Sementara itu, Ethereum (ETH), cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, melonjak 50% selama periode yang sama, menurut data dari CoinGecko.

Baca juga: Prediksi Mengejutkan Analis CoinShares: Bitcoin Berpotensi Capai Rp1,2 Miliar!

Harapan untuk ETF Bitcoin di AS

Menurut CEO Fineqia, Bundeep Singh Rangar, dinamika di pasar ETP crypto dan pasar crypto secara keseluruhan menandakan antusiasme seputar kemungkinan datangnya dana bursa diperdagangkan (ETF) Bitcoin di Amerika Serikat. Berita ini datang ketika 12 aplikasi ETF Bitcoin dari perusahaan seperti 21Shares dan WisdomTree menunggu keputusan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Sinyal-sinyal yang muncul menunjukkan bahwa Bitcoin Spot ETF kemungkinan besar akan segera disetujui. Pasar hanya merespons sinyal positif ini.”

Dengan peningkatan dramatis dalam volume ETP crypto, pasar crypto global menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan. Dengan harapan ETF Bitcoin di AS, ini bisa menjadi awal dari era baru dalam investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: