Lonjakan TVL di Ethereum Layer-2, Pertumbuhan DeFi Sentuh $11 Miliar!

author:

Lonjakan TVL di Ethereum Layer-2, Pertumbuhan DeFi Sentuh $11 Miliar!

Pasar solusi layer-2 yang dikuasai oleh Ethereum sedang mengalami peningkatan nilai total terkunci (TVL) dalam DeFi, sebuah metrik penting untuk blockchain yang dapat diprogram. Meski pasar tampak lesu, TVL netto dari 30 platform terpopuler telah meningkat sebesar 32% dalam empat bulan terakhir. Simak selengkapnya yuk!

Lonjakan TVL di Ethereum Layer-2

Pada 27 Oktober 2023, TVL di semua platform Ethereum Layer-2 mencapai rekor tertinggi. Nilai ini sempat melonjak lebih dari $12 miliar sebelum akhirnya stabil di sekitar $11,87 miliar.

Baca juga: Bitcoin Melonjak, Whale Bitcoin Borong $1 Miliar dalam 5 Hari! Tanda Bull Run Baru?

tvl ethereum layer-2
Sumber: L2Beat

Rekor sebelumnya adalah $11,85 miliar yang dicapai pada 17 April. Meski pasar crypto relatif datar selama setahun terakhir, nilainya dalam dolar AS telah meningkat lebih dari 114% selama periode tersebut.

Setelah sempat melampaui 3,5 juta ETH terkunci setahun yang lalu, ekosistem ini kini telah mencapai 6,72 juta ETH.

Dominasi Whale di Pasar L2

tvl ethereum layer-2

Ekosistem L2 meningkatkan TVL sebesar 10,36% dalam dolar AS selama minggu terakhir. Kenaikan yang lebih mengesankan dicapai oleh sekelompok L2 terbesar. Selain itu, dalam rentang waktu yang sama, harga Ethereum (ETH), aset paling penting untuk L2, meningkat sebesar 10,14%.

Baca juga: Pengembang Ethereum Tunda Hard Fork Dencun: Apa Alasannya?

Dua hari yang lalu, harga ini turun di bawah $1.836 untuk kedua kalinya dalam lebih dari sebulan. Pasar L2 di Ethereum masih didominasi oleh “whale”.

Lebih dari 90% TVL ekosistem dihasilkan oleh dua jaringan terbesar, Arbitrum dan OP Mainnet. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh L2 dengan pertumbuhan tercepat, Base, dengan pangsa sebesar 4,83%.

Meski pasar crypto tampak lesu, pertumbuhan DeFi di Ethereum Layer-2 terus berlanjut dengan pesat. Dengan dominasi “whale” yang kuat dan pertumbuhan yang signifikan, pasar ini menunjukkan potensi besar untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: