Lonjakan Pinjaman Pribadi Berbasis Blockchain Mencapai $581 Juta!

author:

Lonjakan Pinjaman Pribadi Berbasis Blockchain Mencapai $581 Juta!

Di tengah lingkungan suku bunga tinggi, pinjaman pribadi berbasis blockchain menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di tahun 2023. Data terbaru mengungkapkan peningkatan lebih dari 55%, dengan total pinjaman mencapai sekitar $581,6 juta.

Fenomena ini menandakan pergeseran penting dalam dunia keuangan, di mana teknologi blockchain mulai mengambil peran lebih besar dalam menyediakan solusi kredit.

Perkembangan Pesat Pinjaman Blockchain

pinjaman blockchain
Pasar pinjaman aktif dari protokol berbasis blockchain sejak Oktober 2020. Sumber: RWA.xyz

Pada tahun 2023, pinjaman pribadi yang didukung oleh teknologi blockchain mengalami lonjakan tajam. Menurut RWA.xyz, terjadi peningkatan sebesar 55% dengan nilai pinjaman aktif mencapai $581,6 juta.

Baca juga: Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Eksploitasi di Dunia DeFi 2023

Meskipun angka tersebut masih di bawah puncaknya pada Juni 2022 yang hampir $1,5 miliar, pertumbuhan ini menunjukkan minat yang meningkat terhadap alternatif pembiayaan di tengah suku bunga yang tinggi.

Protokol RWA yang berjumlah sembilan, hanya satu yang memperluas layanannya melebihi Ethereum ke Solana, dan satu lagi beroperasi di sidechain Ethereum, Polygon. Centrifuge saat ini memimpin dengan nilai pinjaman aktif lebih dari $255 juta dan total nilai pinjaman melebihi $492 juta.

Keunggulan dan Risiko Pinjaman Berbasis Blockchain

Pinjaman berbasis blockchain menawarkan transparansi yang lebih tinggi dan penggunaan smart contract, yang diakui dapat mengurangi risiko dan menurunkan suku bunga pinjaman. Dalam ekosistem ini, protokol blockchain membebankan suku bunga kurang dari 10% APR, kontras dengan suku bunga 15% hingga 20% yang umum di sektor keuangan tradisional.

Namun, memperoleh pinjaman dari protokol berbasis blockchain juga memiliki risiko. Kamu harus mempertimbangkan risiko kebangkrutan, kolateralisasi, smart contract, dan risiko keamanan lainnya sebelum memutuskan untuk meminjam.

Baca juga: Hong Kong Pecahkan Rekor dengan Obligasi Hijau yang Didukung Teknologi Blockchain!

Integrasi dengan Pasar Keuangan Tradisional

coinbase kolaborasi dengan conio
Sumber: Bank Rate

Perusahaan raksasa crypto seperti Coinbase Asset Management telah memasuki ruang kredit pribadi berbasis blockchain dengan pengembangan Project Diamond. Produk ini memanfaatkan jaringan skalabilitas layer-2 Ethereum, Base, dan mengintegrasikan komponen Coinbase, termasuk layanan Prime dan dompet crypto web3, serta stablecoin USDC dari Circle.

Sementara itu, pasar kredit pribadi tradisional masih mendominasi dengan nilai $1,6 triliun. Namun, dengan tokenisasi aset dunia nyata, diharapkan dapat meningkatkan kecepatan penyelesaian, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan transparansi dalam sistem blockchain.

Secara keseluruhan, pertumbuhan pinjaman pribadi berbasis blockchain menunjukkan potensi besar dalam mengubah landskap keuangan. Dengan keunggulan seperti efisiensi dan transparansi yang lebih baik, teknologi ini menarik perhatian sebagai alternatif yang layak bagi pembiayaan tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: