Lonjakan Penjualan NFT Solana: Gebrakan Baru di Tengah Pasar Crypto yang Lesu!

Lonjakan Penjualan NFT Solana: Gebrakan Baru di Tengah Pasar Crypto yang Lesu!

Di tengah pasar crypto yang tengah beruang, Solana mencatatkan peningkatan penjualan NFT yang mengejutkan. Dalam sehari, platform ini berhasil meraup penjualan sebesar $14 juta, sebuah angka yang mengesankan mengingat tren penurunan volume penjualan NFT yang terjadi selama sebulan terakhir.

Kenaikan tajam ini menandai momentum positif bagi Solana, yang berhasil menarik perhatian pasar dengan transaksi yang mencapai 141.120 dalam 24 jam.

Solana Mengejutkan Pasar

Pada hari Rabu, tanggal 17 Januari, volume penjualan NFT di Solana melonjak sebesar 92,70%, dengan transaksi unik yang mencapai angka 141.120. Peningkatan ini menghasilkan penjualan sebesar $14,32 juta hanya dalam waktu satu hari, sebuah angka yang signifikan di tengah pasar yang tengah lesu.

Pasar NFT Solana didominasi oleh dua marketplace besar, Tensor dan Magic Eden, yang masing-masing menguasai 75,74% dan 18,85% dari total penjualan. Tensor, sebagai salah satu marketplace NFT di Solana, menjadi faktor utama dalam lonjakan volume penjualan ini.

Baca Juga: Revolusi NFT dan Web3 Megadeth: Mosh Pit di Dunia Digital!

Binance Research dalam laporannya pada tanggal 15 Januari, mengakui peran Tensor dan koleksi NFT MadLads yang telah mendorong performa mengesankan dari NFT Solana di bulan Desember. Kedua proyek ini menjadi kunci dari rebound mendadak yang dialami oleh Solana.

Solana Ungguli Ethereum dalam Penjualan NFT

nft termahal 2023
Sumber: AR Drive

Bulan Desember menjadi bulan yang fenomenal bagi NFT Solana, di mana platform ini berhasil mengungguli Ethereum dengan meraih pangsa pasar sebesar 21,22% dan penjualan sebesar $27,74 juta.

Namun, data terbaru menunjukkan penurunan penjualan NFT pada platform lain seperti Bitcoin dan Ethereum. Ethereum mengalami penurunan volume harian sebesar 13,34%, dengan penjualan turun menjadi $27,19 juta, sementara Bitcoin juga mengalami penurunan sebesar 17,23%, dengan penjualan yang turun menjadi $10,82 juta.

Selama periode satu minggu, penurunan ini menjadi lebih terasa, dengan Ethereum mengalami penurunan sebesar 50,56% menjadi $218,1 juta dan Bitcoin sebesar 52,08% menjadi $89,45 juta. Tren ini menunjukkan adanya pendinginan pasar yang lebih luas bagi sebagian besar platform NFT, kecuali Solana yang justru menunjukkan peningkatan.

Implikasi bagi Ekosistem NFT

Performa Solana memberikan bukti bahwa minat dan potensi pertumbuhan di ruang blockchain dan koleksi digital masih sangat tinggi. Ini juga menandakan perubahan lanskap platform blockchain, di mana pemain baru seperti Solana dapat dengan cepat mendapatkan tempat yang penting.

Keberhasilan ini penting untuk diamati, karena dapat memberikan gambaran tentang dinamika pasar crypto dan NFT di masa depan.

Paragraf Penutup

Kesuksesan Solana dalam penjualan NFT menjadi sinyal positif bagi industri crypto yang sedang menghadapi masa sulit. Ini menunjukkan bahwa inovasi dan proyek yang tepat dapat menciptakan momentum, bahkan ketika pasar secara keseluruhan tampaknya sedang berjuang. Bagi kamu yang tertarik dengan pasar NFT, fenomena ini layak untuk terus diikuti.

Baca Juga: Donald Trump dan NFT: Inovasi Digital yang Mengguncang Dunia Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi