Pendapatan CCIP Chainlink Meroket 180% di Tengah Adopsi Besar-besaran!

author:

Pendapatan CCIP Chainlink Meroket 180% di Tengah Adopsi Besar-besaran!

Dalam dua bulan terakhir, pendapatan dari Protokol Interoperabilitas Rantai Silang (CCIP) Chainlink telah mengalami lonjakan dramatis sebesar 180%, menandai era baru adopsi massal platform penghubung multichain.

Fenomena ini tidak hanya mengejutkan pasar crypto tetapi juga menetapkan standar baru dalam interoperabilitas blockchain.

Lonjakan Pendapatan yang Spektakuler

Dari Januari hingga pertengahan Maret 2024, pendapatan biaya dari CCIP Chainlink tercatat melonjak dari sekitar $61.000 menjadi lebih dari $171.000. Peningkatan ini mencerminkan pertumbuhan yang signifikan dan adopsi yang luas dari platform ini di berbagai ekosistem blockchain.

Biaya jaringan CCIP. Sumber: Dune Analytics

Baca juga: Kolaborasi Chainlink dan Circle Buka Era Baru Transfer Stablecoin Lintas Rantai!

Pendapatan kumulatif total untuk protokol lintas-rantai, yang diluncurkan pada Juli 2023, kini telah mencapai $377.724. Ini menunjukkan bahwa CCIP tidak hanya berhasil menarik minat tetapi juga menghasilkan pendapatan yang substansial.

Sumber Pendapatan dan Integrasi Baru

Arbitrum, protokol lapisan-2 Ethereum, merupakan sumber terbesar biaya jaringan CCIP, dengan kontribusi 28% dari total, diikuti oleh Base dengan 24%. Ini menunjukkan diversifikasi dan kekuatan CCIP dalam menarik berbagai sumber pendapatan dari ekosistem yang berbeda.

CCIP baru-baru ini melakukan sejumlah integrasi untuk meningkatkan adopsi, termasuk dengan jaringan Metis lapisan-2, platform audit Code4rena, penerbit stablecoin Circle, dan salah satu pengembang game terbesar di Korea Selatan, Wemade. Integrasi ini menunjukkan komitmen CCIP untuk memperluas jangkauan dan fungsionalitasnya di berbagai sektor.

Baca juga: Chainlink Labs dan Protocol Labs Berkolaborasi untuk Meningkatkan Program Chainlink BUILD!

Dengan adopsi yang terus meningkat dan pendapatan yang melonjak, masa depan CCIP dan Chainlink tampak cerah.

Protokol ini memungkinkan smart contract untuk mengakses data dari API eksternal atau sistem dengan aman, memungkinkan konektivitas data yang mulus dan tanpa kepercayaan antara blockchain dan sistem off-chain melalui jaringan oracle terdesentralisasi.

Pendapatan Chainlink juga berasal dari operator node jaringan, sebagian kecil dari staking LINK, bagi hasil pendapatan jaringan, dan produk perusahaan.

Dengan pendapatan kumulatif total $373 juta, sebagian besar berasal dari feed oracle, Chainlink terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam penyediaan data terdesentralisasi dan interoperabilitas blockchain.

Melalui pertumbuhan yang luar biasa dan inovasi yang berkelanjutan, Chainlink dan CCIP siap untuk membentuk masa depan interoperabilitas blockchain, membuka kemungkinan baru dalam ekosistem crypto dan teknologi terdistribusi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block