Lonjakan Pembakaran Shiba Inu 4.000% di Tengah Jatuhnya Harga Pasar

Lonjakan Pembakaran Shiba Inu 4.000% di Tengah Jatuhnya Harga Pasar

Di tengah guncangan pasar crypto, komunitas Shiba Inu mengejutkan dengan aksi pembakaran token yang meningkat drastis hingga 4.000%. Meskipun harga crypto secara umum mengalami penurunan, termasuk Bitcoin dan Ethereum, fenomena pembakaran token Shiba Inu ini menjadi sorotan karena diharapkan dapat mempengaruhi harga pasar. Simak berita lengkanpnya berikut ini!

Lonjakan Pembakaran SHIB

Data terbaru dari Shibburn mengungkapkan bahwa ada lebih dari 1,21 juta token SHIB yang dibakar dalam 24 jam terakhir, menandai peningkatan sebesar 3.963,36% dalam laju pembakaran. Pembakaran besar-besaran ini terjadi meskipun harga SHIB sendiri mengalami penurunan sebesar 6% dalam periode yang sama.

Dengan total token yang dibakar kini melebihi 410,69 triliun, ini berarti lebih dari 41% dari total pasokan maksimum SHIB telah dieliminasi. Pada Desember 2023, tercatat pembakaran 8,53 miliar token oleh Shibarium, diikuti dengan pembakaran 8,47 miliar token pada hari berikutnya, menunjukkan upaya serius untuk mengurangi jumlah token yang beredar.

Baca Juga: Evolusi Shiba Inu, Langkah Besar Menuju Renouncing ShibaSwap (BONE)!

Penurunan Harga SHIB Berlanjut

penurunan harga shib
Sumber: Akun X Shibburn

Meskipun pembakaran token biasanya dilakukan untuk mengurangi pasokan dan meningkatkan harga, hal ini tampaknya belum berdampak signifikan pada harga SHIB. Pada 4 Januari 2024, harga SHIB tercatat sebesar $0,000009628, turun 5,02% dalam 24 jam terakhir. Namun, ada peningkatan permintaan SHIB yang terlihat dari lonjakan volume perdagangan sebesar 66,73% menjadi $301,51 juta.

Meskipun harga SHIB turun lebih dari 11% dalam seminggu, catatan 30 hari terakhir masih menunjukkan kenaikan sebesar 7%, berkat tren positif yang terjadi pada Desember. Namun, SHIB masih jauh dari puncak harga tertingginya yang pernah dicapai pada Oktober 2021.

Baca Juga: Bikin Heboh! Whale Baru Shiba Inu Kantongi 4,41 Triliun SHIB Jelang Peluncuran Shibarium

Potensi Pemulihan SHIB

Di tengah penurunan harga yang signifikan, SHIB menunjukkan ketahanan dengan tetap naik 6,57% dalam 30 hari terakhir. Pasar crypto secara keseluruhan mengalami hari yang berat dengan likuidasi mencapai $730 juta dalam satu hari, menandai salah satu hari terburuk sejak 2022.

Analis crypto memperkirakan bahwa penurunan SHIB mungkin telah mencapai batasnya dan ada tanda-tanda perubahan tren yang akan datang. Dengan perdagangan SHIB yang berada di sekitar batas bawah Bollinger Bands, ada potensi untuk pembalikan arah harga. Pembakaran token yang signifikan ini diharapkan dapat membantu dalam pemulihan harga SHIB di masa depan.

Kesimpulan

Peningkatan laju pembakaran Shiba Inu yang dramatis ini menjadi perhatian utama bagi investor dan analis. Mereka mengawasi dengan seksama apakah langkah ini akan menciptakan kelangkaan dan minat yang baru terhadap SHIB, yang dapat menjadi kunci dalam menentukan arah harga crypto ini di pasar yang penuh tantangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: