Pajak Crypto: Lonjakan Kasus Penggelapan Pajak Crypto di Amerika yang Mengejutkan!

Pajak Crypto: Lonjakan Kasus Penggelapan Pajak Crypto di Amerika yang Mengejutkan!

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi gelombang baru investigasi pajak crypto sedang melanda. Unit Investigasi Kriminal dari IRS telah melaporkan peningkatan signifikan dalam kasus-kasus terkait crypto, menandakan era baru dalam penegakan hukum pajak digital.

Investigasi Pajak Crypto Meningkat Tajam

Unit Investigasi Kriminal (CI) dari IRS telah memulai lebih dari 2.676 kasus terkait crypto di tahun fiskal 2023. Mereka telah mengidentifikasi lebih dari $37 miliar yang berkaitan dengan kejahatan pajak dan finansial.

Kasus-kasus ini mencakup berbagai bentuk penggelapan pajak, mulai dari penghindaran pelaporan keuntungan modal hingga pendapatan dari penambangan crypto. Kamu perlu tahu bahwa CI juga menemukan pelanggaran dalam bentuk penghindaran pembayaran pajak.

Baca Juga: Portugal Usulkan Pajak Crypto 28% dalam Anggaran 2023

Para pelaku sering kali tidak mengungkapkan kepemilikan crypto mereka dalam upaya untuk menyembunyikan aset. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan crypto yang tidak dilaporkan semakin menjadi sorotan bagi IRS.

Binance Setuju Bayar Denda Miliaran Dolar

whale binance kumpulkan bnb
Sumber: Tech Times

Dalam sebuah kasus terpisah, Binance, salah satu bursa crypto terbesar, telah setuju membayar denda sebesar $4 miliar. Kesepakatan ini merupakan hasil dari investigasi yang juga melibatkan Unit Investigasi Kriminal IRS.

Binance mengaku bersalah karena tidak mematuhi persyaratan pendaftaran dan beroperasi sebagai bisnis pengiriman uang tanpa lisensi.

Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao, mengaku bersalah atas pelanggaran hukum anti pencucian uang. Ia telah mengundurkan diri dari posisinya dan menunggu hukuman yang akan dijatuhkan pada bulan Februari.

Meskipun demikian, Binance masih menghadapi gugatan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau SEC terkait dengan dugaan pencampuran dana dan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar.

Kerangka Kerja Pajak Crypto IRS

IRS saat ini sedang menyusun kerangka kerja untuk pajak crypto. Pada bulan Oktober, mereka memperpanjang periode komentar untuk aturan pajak baru setelah menerima banyak umpan balik dari publik. Coinbase, sebagai salah satu pemain utama di industri crypto, telah memberikan kritik terhadap aturan yang diusulkan.

Para pembuat undang-undang di Capitol Hill mendesak IRS untuk mempercepat aturan pajak crypto yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi crypto menjadi semakin penting dan mendesak untuk diimplementasikan.

Paragraf Penutup

Kasus-kasus pajak crypto yang meningkat ini merupakan sinyal jelas bahwa IRS tidak main-main dalam mengejar kepatuhan pajak di era digital. Kamu yang terlibat dalam transaksi crypto harus lebih waspada dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku untuk menghindari risiko hukum yang serius.

Baca Juga: Buenos Aires Akan Terapkan Pajak 4% Untuk Penambang Crypto Mulai 2023, Indonesia Gimana?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi