Harga Komoditas Hari Ini (21/2/24), Gimana Pegerakan Harga Batu Bara, CPO, dan Nikel?

author:

Harga Komoditas Hari Ini (21/2/24), Gimana Pegerakan Harga Batu Bara, CPO, dan Nikel?

Di tengah fluktuasi pasar global, harga komoditas kembali menjadi sorotan. Pada 21 Februari 2024, data di laman Trading Economics mencatat bahwa beberapa komoditas menunjukkan pergerakan harga yang signifikan, mempengaruhi berbagai sektor ekonomi.

Mari kita ulas beberapa komoditas kunci yang mengalami perubahan harga hari ini.

Harga Batu Bara Mengalami Penurunan 3,85%

Harga batu bara hari ini mencatatkan angka $115 per ton, menunjukkan penurunan sebesar 3,85% dari hari sebelumnya. Penurunan ini mengindikasikan tekanan yang dialami pasar batu bara, terutama karena isu lingkungan dan transisi energi global.

Baca juga: 3 Crypto Naik Hari Ini (21/2/24), Harga GLM Melonjak 45%!

Meskipun mengalami penurunan, batu bara masih menjadi sumber energi utama di banyak negara. Fluktuasi harga ini mempengaruhi biaya produksi listrik, yang pada akhirnya berdampak pada tarif listrik untuk konsumen.

Harga CPO (Crude Palm Oil) Naik 0,21%

Harga CPO (Crude Palm Oil) juga menarik untuk dibahas, dengan harga tercatat sebesar MYR 3.868 per ton. Ini menunjukkan kenaikan sebesar 0,21% dari hari sebelumnya, meskipun dalam beberapa minggu terakhir harga CPO cenderung mengalami penurunan.

Kenaikan harga CPO hari ini bisa jadi merupakan reaksi pasar terhadap berbagai faktor, termasuk cuaca, kebijakan pemerintah di negara-negara produsen utama, dan dinamika permintaan global, terutama dari industri makanan dan bioenergi.

Baca juga: BTC Naik 5% dalam Seminggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (21/2/24)?

Harga Nikel Naik 0,04%

harga nikel
Generated by AI

Sementara itu, harga nikel tercatat sebesar $16.113 per ton, dengan kenaikan sebesar 0,04% dari hari sebelumnya. Nikel, yang merupakan komponen penting dalam pembuatan baterai, terus mendapatkan perhatian seiring dengan pertumbuhan industri kendaraan listrik.

Pergerakan harga nikel ini penting untuk diikuti, mengingat perannya yang krusial dalam transisi energi dan pengaruhnya terhadap industri otomotif, khususnya dalam pengembangan kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Di tengah dinamika pasar yang penuh ketidakpastian, pergerakan harga komoditas ini memberikan gambaran tentang bagaimana berbagai faktor eksternal dan internal mempengaruhi ekonomi global.

Dari perubahan iklim hingga kebijakan pemerintah, setiap faktor memiliki peran dalam menentukan harga komoditas di pasar global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

  • Trading Economics. Commodities. Diakses pada tanggal 21 Februari 2024