Lonjakan Harga Bitcoin Picu Gelombang Optimisme di Pasar Crypto!

Lonjakan Harga Bitcoin Picu Gelombang Optimisme di Pasar Crypto!

Kenaikan harga Bitcoin yang mendekati $40.000 telah memicu gelombang optimisme di kalangan trader crypto. Fenomena ini tidak hanya meningkatkan sentimen positif terhadap Bitcoin, tetapi juga terhadap mata uang digital lainnya seperti KAS, RUNE, MNT, dan RNDR. Mari kita ulas lebih dalam dampak yang terjadi di pasar crypto saat ini.

Bitcoin Menguat, Pasar Crypto Bergairah

Bitcoin Menguat, Pasar Crypto Bergairah
Coin360

Bitcoin baru-baru ini menunjukkan performa yang mengesankan dengan menembus resistensi kunci di $37.980, menyelesaikan pola segitiga menanjak yang bullish. Target dari pola ini adalah $41.160, namun ada kemungkinan harga akan retest ke level $38.000 sebelum melanjutkan kenaikannya.

Jika level tersebut dapat bertahan, peluang untuk mencapai target di atas $41.160 akan semakin terbuka. Namun, perlu diwaspadai bahwa RSI yang sudah masuk zona overbought mengindikasikan potensi koreksi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Potensi Lonjakan Harga Bitcoin: ETF Terbaru Bisa Jadi Pemicu? Ini Kata CEO Swan Bitcoin!

Bitcoin kini berada di persimpangan penting, di mana setiap penurunan di bawah $38.000 dapat memicu stop loss para trader jangka pendek. Hal ini dapat menguji garis tren naik dan jika berhasil ditembus, bear mungkin akan mengambil alih pasar dalam jangka pendek.

Namun, jika harga dapat memantul dari 20-EMA, ini akan menunjukkan bahwa pembelian terjadi di setiap penurunan harga, membuka peluang untuk kenaikan ke $41.160.

Altcoin Mengikuti Jejak Bitcoin

Altcoin Mengikuti Jejak Bitcoin
TradingView

Kaspa (KAS) telah menunjukkan konsolidasi dalam tren naik yang positif, menandakan bahwa para investor tidak terburu-buru untuk keluar. Jika KAS dapat menembus resistensi di $0.16, maka tren naik dapat berlanjut dengan target di $0.20.

Namun, jika harga turun dari level saat ini atau $0.16, ini bisa menandakan bahwa penjual mulai mendominasi dan harga bisa turun ke 20-day EMA di $0.12. THORChain (RUNE) juga menunjukkan tren naik yang kuat dengan berhasil menembus hambatan jangka pendek di $6.68.

Jika RUNE dapat bertahan di atas level ini, ini akan menunjukkan bahwa setiap penurunan harga dimanfaatkan oleh pembeli. Hal ini dapat membuka jalan untuk kenaikan menuju $8.60 dan kemudian $10. Namun, jika harga turun di bawah $6.68, ini dapat memicu koreksi yang lebih dalam ke 50-SMA.

Prospek Crypto di Tengah Krisis Perbankan dan Kebijakan Moneter

Krisis perbankan saat ini menimbulkan pertanyaan tentang dampaknya terhadap pasar crypto. Di sisi lain, kebijakan moneter yang lebih longgar di masa depan dapat menarik modal ke pasar, termasuk crypto.

Dengan Federal Reserve atau Fed yang mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga, ini bisa menjadi angin segar bagi aset berisiko seperti crypto. Kenaikan harga Bitcoin telah memicu kenaikan di seluruh pasar crypto, dengan kapitalisasi pasar yang meningkat menjadi $1,5 triliun sejak Oktober 2022.

Paragraf Penutup

Dengan berbagai dinamika yang terjadi di pasar crypto, lonjakan harga Bitcoin menjadi sinyal positif yang mungkin akan berlanjut. Kenaikan ini tidak hanya mempengaruhi Bitcoin, tetapi juga altcoin lain yang kini menjadi sorotan. Para investor crypto dan trader di seluruh dunia kini menantikan langkah selanjutnya di pasar yang penuh dengan volatilitas ini.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak Tinggi, Apakah $125K Menjadi Kenyataan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi