Developer Aktif di Solana Melonjak Hingga 2.500, Pertanda Era Baru di Dunia Crypto?

author:

Developer Aktif di Solana Melonjak Hingga 2.500, Pertanda Era Baru di Dunia Crypto?

Pertumbuhan ekosistem crypto Solana menarik perhatian dengan klaim lebih dari 2.500 pengembang aktif bulanan. Data terbaru mengungkapkan peningkatan signifikan dalam retensi pengembang, menandakan potensi besar bagi masa depan teknologi blockchain.

Perkembangan Pesat Developer Solana

pengembang solana melonjak
Sumber: X

Solana baru-baru ini mencatatkan peningkatan jumlah pengembang bulanan yang signifikan, dengan angka yang berkisar antara 2.500 hingga 3.000 selama tahun 2023. Hal ini menunjukkan ekosistem yang sehat dan kemampuan Solana dalam menarik serta mempertahankan talenta baru.

Baca juga: 5 Meme Coin Solana yang Patut Diperhatikan di 2024!

Meskipun ada perbedaan data dengan laporan Electric Capital yang menyebutkan hanya 946 pengembang pada Oktober 2023, Solana tetap optimis dengan pertumbuhannya. Solana mengalami kenaikan harga token SOL sebesar 500% antara Oktober dan Desember, yang turut mempengaruhi aktivitas jaringan.

Peningkatan tersebut bahkan sempat membuat Solana melampaui Binance Coin (BNB) dalam kapitalisasi pasar. Kenaikan ini juga diikuti dengan peningkatan volume pertukaran desentralisasi, yang sempat mengungguli Ethereum.

Retensi Pengembang Meningkat Tajam

Retensi pengembang di jaringan Solana meningkat 50% dalam tiga bulan terakhir, menunjukkan komitmen pengembang yang kuat. Peningkatan ini berdampak positif pada kemudahan untuk mengonboard pengembang dalam jumlah yang lebih besar di masa depan.

Solana juga mencatat kenaikan harga token SOL sebesar 11% dalam 24 jam terakhir (9/1/24), mencapai $100,69 dengan kapitalisasi pasar $43,4 miliar. Solana kini mengklaim sebagai ekosistem dengan jumlah pengembang bulanan aktif terbesar kedua setelah Ethereum.

Meskipun Ethereum masih memimpin dengan 5.769 pengembang aktif bulanan pada Oktober 2023, Solana menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Peningkatan retensi ini didukung oleh peningkatan aktivitas jaringan dan lonjakan harga token asli Solana.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) 2024: Berpotensi Naik Mencapai Rp2,7 Juta!

Ekspansi Global dan Peningkatan Pengalaman Developer

solana foundation
Sumber: Medium

Solana Foundation menekankan pada peningkatan alat pengembangan untuk berbagai bahasa pemrograman dan sumber daya pendidikan. Inisiatif seperti SuperteamDAO telah berkembang ke delapan negara pada tahun 2023, menunjukkan ekspansi global ekosistem Solana.

Partisipasi yang beragam dalam hackathon Solana dan acara lainnya, dengan lebih dari 150 negara terwakili, juga mencerminkan pertumbuhan ini. Selama tiga tahun terakhir, lebih dari 3.000 proyek telah diluncurkan dan lebih dari $600 juta dana telah dihimpun untuk proyek-proyek yang diajukan dalam hackathon.

Setiap hackathon menunjukkan peningkatan jumlah proyek yang diajukan, dengan hackathon terbaru, Solana Hyperdrive, memiliki lebih dari 900 submisi. Peningkatan aktivitas pengembang ini beriringan dengan kinerja kuat mata uang crypto asli Solana, SOL, yang naik lebih dari 1.000% sepanjang tahun lalu.

Secara keseluruhan, kenaikan dramatis dalam retensi pengembang Solana menandakan momentum yang kuat bagi ekosistem crypto ini. Dengan pertumbuhan yang konsisten dan ekspansi global, Solana mungkin saja menjadi kekuatan baru yang siap mengubah peta persaingan di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: