Perusahaan Crypto Terdaftar di Spanyol Melonjak 56% pada Tahun 2023!

author:

Perusahaan Crypto Terdaftar di Spanyol Melonjak 56% pada Tahun 2023!

Spanyol menjadi sorotan dengan pertumbuhan bisnis crypto yang mengejutkan di tahun 2023. Sebuah laporan terbaru mengungkapkan peningkatan signifikan dalam jumlah perusahaan crypto yang terdaftar, menandakan era baru dalam adopsi teknologi keuangan digital.

Apakah ini menandai kemajuan atau hanya tren sesaat?

Ekspansi Pasar Crypto di Spanyol

Pada tahun 2023, Spanyol mencatat kenaikan sekitar 56% dalam jumlah perusahaan crypto yang terdaftar. Bank Sentral Spanyol, sebagai regulator utama, telah memberikan lisensi kepada 30 perusahaan baru, menjadikan total perusahaan berlisensi menjadi 85. Kenaikan ini menunjukkan minat yang tumbuh dan kepercayaan pada sektor crypto di negara tersebut.

Baca juga: Terungkap! Pertumbuhan Pengguna Crypto akan Tembus Satu Miliar di 2024

Perusahaan domestik masih mendominasi pasar dengan memegang 61 dari 85 lisensi yang ada. Namun, kehadiran platform internasional seperti Revolut, Bitpanda, Crypto.com, dan Vivid menunjukkan bahwa pasar Spanyol juga menarik bagi pemain global.

Pertumbuhan ini didukung oleh penerapan regulasi yang ketat untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Regulasi dan Adopsi Crypto

adopsi crypto 2023
History Computer

Spanyol telah mengambil langkah proaktif dalam mengatur pasar crypto. Pada Oktober, Kementerian Ekonomi dan Transformasi Digital mengumumkan penerapan regulasi Pasar Crypto-Assets Uni Eropa enam bulan sebelum tenggat waktu. Langkah ini menunjukkan keseriusan Spanyol dalam menciptakan lingkungan yang aman dan teratur untuk crypto.

Di bulan yang sama, Komisi Pasar Sekuritas Nasional membuka kasus pertama terhadap penyedia teknologi karena melanggar aturan promosi crypto. Spanyol juga telah mengadopsi persyaratan FATF, termasuk Travel Rule, yang mengharuskan pertukaran untuk berbagi informasi tentang klien mereka. Ini menunjukkan komitmen Spanyol terhadap standar internasional dalam pengaturan crypto.

Baca juga: Spanyol Memperbarui Regulasi Pajak Crypto, Seperti Apa?

Prospek Masa Depan Crypto di Spanyol

Meskipun regulasi menjadi lebih kompleks, adopsi crypto di Spanyol terus berkembang. Peningkatan jumlah perusahaan baru di tahun 2023 menegaskan hal ini. Selain itu, transaksi real estat yang didukung oleh Bitcoin dan altcoin juga meningkat di Spanyol.

Menurut platform real estate Idealista, Spanyol memiliki lebih banyak properti yang tersedia untuk pembeli crypto dibandingkan negara lain di dunia. Data dari Forex Suggest menunjukkan bahwa sementara hanya 80 penjual di Amerika Serikat yang menyatakan akan menerima pembayaran crypto, di Spanyol terdapat 289 penjual yang siap menerima token.

Pada akhirnya, peningkatan dramatis dalam jumlah perusahaan crypto yang terdaftar di Spanyol menandakan babak baru dalam industri keuangan digital. Dengan regulasi yang kuat dan pasar yang terus berkembang, Spanyol mungkin menjadi contoh bagi negara lain dalam mengadopsi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: