Lonjakan Gas Fee Ethereum: Transaksi NFT Tembus $400, Apa yang Terjadi?

Lonjakan Gas Fee Ethereum: Transaksi NFT Tembus $400, Apa yang Terjadi?

Dunia crypto kembali dihebohkan dengan lonjakan biaya gas Ethereum yang mencapai angka tertinggi baru. Di tengah lonjakan harga pasar crypto secara keseluruhan, biaya gas Ethereum melonjak tajam, mendorong biaya transaksi NFT hingga mendekati $400. Apa yang sebenarnya terjadi di balik lonjakan dramatis ini, dan bagaimana dampaknya terhadap pengguna dan transaksi di blockchain Ethereum? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Trafik dan Biaya Transaksi

Lonjakan harga pasar crypto memicu peningkatan signifikan dalam trafik jaringan Ethereum, dengan biaya gas yang melejit hingga 174 gwei pada pertengahan hari Senin, menurut Etherscan. Hal ini menyebabkan biaya transaksi, terutama untuk transaksi NFT di Ethereum, mencapai $372,29 di beberapa titik pada hari Senin.

Biaya yang tinggi ini bukan hanya membebani pengguna yang ingin bertransaksi NFT, tetapi juga mempengaruhi operasi lain seperti penukaran token dan peminjaman, dengan biaya yang sama-sama tinggi.

Baca Juga: Harga Ethereum Berpotensi Melonjak ke $3.800, Bagaimana Prospeknya?

Antisipasi Upgrade Dencun

upgrade ethereu dencun
Sumber: Forkast News

Di tengah lonjakan biaya yang signifikan ini, komunitas Ethereum menantikan upgrade Dencun yang sangat diantisipasi, yang diharapkan dapat secara drastis mengurangi biaya transaksi di jaringan Ethereum layer-2 melalui metode penyimpanan data baru yang disebut proto-danksharding.

Upgrade ini, yang dijadwalkan diluncurkan dalam waktu dekat, dipandang sebagai harapan untuk mengurangi biaya gas yang meroket dan memperbaiki efisiensi jaringan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ethereum Staking Capai $116 Miliar: Gelombang Baru Sebelum Upgrade Dencun!

Dampak dan Harapan Komunitas

Lonjakan biaya gas Ethereum menyoroti tantangan skalabilitas dan efisiensi biaya dalam ekosistem blockchain. Meskipun biaya yang tinggi menandakan permintaan yang kuat dan ekosistem yang berkembang, mereka juga menghalangi transaksi kecil dan pengguna baru.

Upgrade Dencun menjadi momen penting bagi Ethereum, dengan potensi untuk meningkatkan skalabilitas jaringan, mengurangi biaya, dan memperbaiki efisiensi secara keseluruhan.

Komunitas menantikan perubahan ke arah jaringan blockchain yang lebih mudah diakses dan hemat biaya, yang tidak hanya dapat mempertahankan lintasan pertumbuhan Ethereum tetapi juga membuka jalan bagi adopsi dan inovasi yang lebih luas.

Kesimpulan

Di tengah ekspektasi pasar crypto yang meningkat, lonjakan biaya gas Ethereum memberikan pengingat tentang pentingnya peningkatan infrastruktur dan inovasi teknologi untuk menjaga jaringan tetap efisien dan terjangkau. Dengan upgrade Dencun di cakrawala, komunitas crypto menantikan era baru dimana biaya transaksi yang lebih rendah dan pengalaman pengguna yang lebih baik menjadi kenyataan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: