Ledakan Bitcoin Lampaui $31.000, Pekan Terbaik ETF Sejak Juli 2022 Mengejutkan Pasar!

Ledakan Bitcoin Lampaui $31.000, Pekan Terbaik ETF Sejak Juli 2022 Mengejutkan Pasar!

Menurut laporan terbaru dari CoinShares tanggal 26 Juni 2023, lonjakan kegiatan seputar exchange-traded funds (ETFs) baru-baru ini telah mengarah ke aliran masuk terbesar mingguan untuk produk investasi aset digital sejak Juli 2022.

Selama pekan 19 Juni – 23 Juni 2023, total $199 juta aliran masuk berhasil membalikkan sembilan minggu aliran keluar berturut-turut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Mendominasi Aliran Masuk

bitcoin dominasi aliran masuk
Sumber: Akun Twitter Coinshares

Dilansir dari Cointelegraph, dominasi Bitcoin menjadi sorotan utama dengan mencatat $187 juta, atau 94% dari total aliran masuk. Analis CoinShares menyebut bahwa peningkatan aktivitas dari penerbit produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) dalam ruang ETF sebagai penyebab utama dari pembalikan tren ini.

Mereka percaya bahwa sentimen positif ini dihasilkan dari pengumuman terbaru oleh penerbit ETP profil tinggi yang telah mengajukan ETF yang didukung secara fisik ke Komisi Sekuritas & Bursa AS.

Baca Juga: Ledakan Musim Panas Bitcoin: Prediksi Mengejutkan Menuju $48,000!

Minat Institusional Dorong Bitcoin ke Titik Tertinggi 2023

Seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph pada 23 Juni, Bitcoin mencapai titik tertinggi 2023 sebesar $31.431 minggu lalu, pergerakan yang sebagian besar diatribusikan pada minat institusional dalam ETF.

BlackRock dan Fidelity Investments menjadi dua entitas yang mengajukan pengajuan ETF Bitcoin spot di bulan Juni. Namun, meskipun peningkatan aliran masuk Bitcoin berhasil memberikan efek domino kecil pada Ethereum, dengan aliran masuk meningkat menjadi $7,8 juta, tidak ada tanda-tanda peningkatan serupa pada altcoin.

Baca Juga: Semakin Dilirik, ETF Bitcoin Kini Meluncur di Bursa Saham Amsterdam!

BITO dan Ledakan Mingguan Terbesar dalam Setahun

etf bito
Sumber: Akun Twitter Eric Bachulnas

Fond Bitcoin futures BITO, ProShares Bitcoin Strategy ETF, juga menciptakan gelombang pekan lalu dengan aliran masuk mingguan terbesarnya dalam setahun, yaitu $65,3 juta, meningkatkan total asetnya menjadi $1 miliar.

Gelombang kenaikan ini datang setelah Bitcoin turun di bawah $25.000 pada Juni untuk pertama kalinya sejak pertengahan Maret, pasca gugatan terpisah oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat terhadap Binance dan Coinbase atas dugaan ketidakpatutan.

Lonjakan harga Bitcoin hingga $31.431 pekan lalu tidak hanya mematahkan tren aliran keluar sembilan minggu untuk aset crypto, tetapi juga menciptakan tiga rekor baru berbasis crypto di Argentina, Venezuela, dan Lebanon. Laporan ini semakin menegaskan bahwa meskipun tantangan hukum dan regulasi, minat dalam investasi crypto dan ETF terus tumbuh.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: